Jaring Talenta Musisi Muda


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Klinik Musik, STKIP PGRI Jombang menghadirkan program Bina Musika. Secara umum program ini akan difokuskan ke lembaga pendidikan dengan membina langsung peserta didik dalam melahirkan karya musik.

JOMBANG – Bermusik adalah salah satu aktivitas yang positif. Selain dapat menyalurkan bakat dan hobi, nilai plus yang diperoleh bisa mengantongi sejumlah penghargaan hingga nominal bila di lakukan dengan serius. Untuk itu dibutuhkan ketelatenan nan ulet agar kepiawaian dalam bermusik semakin meningkat. Bukan hanya sekedar tarik suara, namun bisa jadi penguasaan terhadap alat musik.

Menyadari pentingnya hal itu, maka Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Klinik Musik, STKIP PGRI Jombang menghadirkan program Bina Musika. Secara umum program ini akan difokuskan ke lembaga pendidikan dengan membina langsung peserta didik dalam melahirkan karya musik.

Menurut Ketua UKM Klinik Musik STKIP PGRI Jombang, Laila Nuraini, “Kegiatan bermusik merupakan bentuk dari seni yang disisipkan dalam serangkaian aktvitas pembelajaran. Sebagai bentuk nyata untuk menumbuhkan pembentukan karakter diri dan kepribadian individu yang berkualitas melalui pendidikan seni serta budaya.”

Laila Nuraini juga menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan peserta didik khususnya di Kabupaten Jombang mengenal beragam budaya di Indonesia, termasuk budaya lokal. Serta membangkitkan kembali ingatan tentang lagu anak dan lagu dolanan yang sudah mulai tertinggal gaungnya di lingkungan peserta didik saat ini.


Salah satu yang sudah dijalankan adalah di SDN Kepanjen II Jombang. Pelaksanaan yang dilakukan lebih kurang selama satu bulan ini memberikan dampak positif terhadap musikalitas peserta didik di sekolah yang populer disebut Perdana ini. Sekaligus mewadahi bakat dan minat sejumlah peserta didik.

“Saat ini, peserta didik khususnya usia anak sudah tidak lagi bermain sembari menyanyikan lagu anak-anak dan lagu dolanan di halaman rumah dan lingkungan sekolah,” ungkap Laila sapaan akrabnya.

Laila menyatakan jika program Bina Musika mendapatkan sambutan yang baik. Terlihat dari antusias peserta didik untuk mengikutinya. Melalui metode pembagian peserta menjadi lima kelas diantaranya kelas Paduan Suara (Padus), kelas penyanyi solo, kelas penyanyi duo/duet, kelas grup band dan kelas record (rekaman).

Menghadirkan para tutor/pelatih dari anggota UKM Klinik Musik. Berlatih proses untuk memahami peranan dari setiap bagian di satu gabungan tim musisi dalam seni musik. Kegiatan yang mewadahi peserta didik berkarya dalam bermusik serta mampu melatih rasa kepercayaan diri semakin kuat.

“Menutup serangkain kegiatan Bina Musika dengan menampilkan pentas seni dari seluruh peserta didik SDN Kepanjen II Jombang dengan tema Budaya Indonesia,” tutup Laila. chicilia risca

No comments

Powered by Blogger.