Menjajal Makanan Timur Tengah ke Kebab Mitra



Perkembangan Kebab memang mengalami penyesuaian campuran isiannya dengan selera masyarakat setempat. Akhirnya merambah hingga di beberapa negara di pelbagai belahan benua.

JOMBANG – Persebaran makanan terbilang begitu cepat jika dibandingkan dengan manusia. Terlebih setelah dipermudah dengan kecanggihan teknologi, cukup dengan mencari di internet baik dalam wujud gambar serta keterangan resepnya. Alhasil dapat mengolahnya sendiri tanpa harus berpergian ke tempas asal makanan tersebut.

Laiknya Kebab. Makanan dari Turki ini sudah marak terlihat di Kota Santri. Walaupun terpisahkan jutaan kilometer jarak antara Indonesia dan negeri peninggalan Kerajaan Ottoman itu, nyatanya bisa dijajahkan hingga menarik banyak lidah warga Jombang yang terkenal kiranya relatif rewel terhadap rasa guna mencicipi.

Kalau yang dikenal dengan Kabbeh. Kebab mulai meluas ketika para pedagang Turki mengadakan kontak dengan masyarakat kota Berlin, Jerman sekitar abad 18. Aslinya daging kebab dipanggang, disajikan dengan roti pita, paprika, dan saus.

Perkembangannya Kebab memang mengalami penyesuaian campuran isiannya dengan selera masyarakat setempat. Akhirnya merambah hingga di beberapa negara di pelbagai belahan benua.

Salah satu kios penjual kebab populer di Jombang ini adalah Mitra Kebab. Pemiliknya Nur Cholis, laki-laki asal Desa Parimono, Kecamatan Jombang menekuni usaha kuliner ini sejak tahun 2009 silam. Nama Mitra Kebab sendiri muncul karena sang pemilik terispirasi oleh tempat pertama dia berjualan yaitu di depan Mitra Swalayan Jombang.

Buka sedari pukul empat sore hingga habis, pembeli seakan tidak pernah surut. Boleh dibilang aroma daging yang dipanggang menyeruak di sekitar outlet berjualan menjadi penarik minat masyarakat sedang lewat untuk mencicipi.

Selain irisan daging panggang menjadi isi utamanya, ada beberapa jenis sayuran seperti selada, tomat, mentimun dan bawang bombay yang melengkapi. Lantas semua isian itu diletakkan diatas selembar shawarma kemudian disiram dengan saus sambal serta mayones. Barulah di gulung rapat hingga menutup semua dan dipanggang singkat diatas wajan antilengket.

Pilihan daging dan shawarma adalah ciri khas Mitra Kebab. Selain lebut saat digigit irisan dagingnya, bau harum sangat menyengat sehingga menggoda selera makan. Demikian dengan shawarmanya, terasa renyah namun tidak sampai hancur sewaktu dikunyah. Komposisi isian yang pas baik daging maupun sayur serta dilengkapi varian saus mulai dari baberque hingga tomat, makin menambah kelegitan kebab.

Meski tergolong sebagai jenis kudapan, tetapi memakan seporsi kebab diyakini membuat perut terisi penuh. Jadi bagi anda yang mengaku pecinta kuliner, wajib menjajal jajanan dari negeri Raja Salman ini.

Dijamin, memuaskan! 
n aditya eko

No comments

Powered by Blogger.