Bagikan Sepeda, Biasakan Bersepeda


Rencananya sepeda yang telah disumbangkan tersebut sebagian akan dibagikan pada tujuh sekolah lain yang tergabung dalam gugus VII SD Kecamatan Jombang.

JOMBANG – Kepedulian terhadap peserta didik yang kurang mampu serta dalam upaya mengkampanyekan penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi sehari-hari, Komunitas Jombang Bersepeda (Jombers) bersama dengan Komunitas Federal Jombang (Fedjombers) mengadakan kegiatan bertajuk “Andum Sepeda”. Berlokasi di Lapangan Banjardowo, sebanyak tujuhbelas sepeda diberikan secara simbolis kepada Kepala SDN Banjardowo I Jombang.

Koordinator Komunitas Jombers, H. Muslimin Abdillah menjelaskan bahwa kegiatan ini telah menjadi agenda rutin komunitas dan tahun 2018 menjadi tahun keempat kegiatan ‘Andum Sepeda’ dilakukan. Sebelumnya telah dilakukan di Manduro, Ngimbang, dan Kabuh.

“Disamping pemberian sepeda sebagai salah satu bentuk kampanye bersepeda, dalam komunitas ini juga ada kegiatan advokasi yang meminta pemerintah untuk memberikan hak-hak pesepeda, memfasilitasi masyarakat terutama pelajar untuk bersepeda,” jelas Muslimin Abdillah.

Pria yang akrab disapa Cak Mus ini juga menyayangkan masih banyaknya peserta didik yang memilih untuk menggunakan sepeda motor ketimbang sepeda untuk transportasi sekolah meski usianya belum memenuhi syarat. Menurutnya, perlu adanya perubahan sudut pandang mengenai prestige antara bersepeda dengan mengendarai sepeda motor. Anggapan waktu tempuh akan lebih cepat ketika mengendarai sepeda motor juga perlu untuk diubah.

Sementara itu Kepala SD Banjardowo I, Donny Erfantoro, S.Pd menjelaskan kerjasamanya dengan Komunitas Jombers selain untuk memberikan bantuan pada peserta didik yang membutuhkan sepeda juga sebagai ajang silaturahmi bagi pengurus dan anggota komunitas. Secara kebetulan dirinya juga merupakan anggota dari komunitas yang sudah berdiri sejak tahun 2012 lalu.

Rencananya sepeda yang telah disumbangkan tersebut sebagian akan dibagikan pada tujuh sekolah lain yang tergabung dalam gugus VII SD Kecamatan Jombang.


“Sesuai kesepakatan, masing-masing sekolah di gugus VII akan mendapatkan satu buah sepeda. Sementara sisanya sepuluh sepeda akan digunakan sendiri oleh peserta didik SDN Banjardowo I Jombang. Mekanisme penggunaan sepedanya adalah pinjam pakai, sehingga ketika peserta didik sudah lulus atau gagal memenuhi kriteria penggunaan, sepeda akan ditarik dan dialihkan penggunaannya pada peserta didik lain,” jelas Donny Erfantoro.

Pria yang pernah menjadi guru Pendidikan Jasmani, Olah raga, dan Kesenian (PJOK) ini kemudian menjelaskan kriteria peserta didik yang mendapatkan kesempatan pinjam pakai sepeda adalah diutamakan bagi peserta didik kurang mampu yang jarak rumahnya jauh dari sekolah. Peserta didik yang berprestasi juga berkesempatan pinjam pakai sepeda.

“Peserta didik yang mendapat pinjam pakai sepeda memiliki tanggung jawab untuk memelihara kondisi sepeda. Sehingga ketika sepeda dikembalikan dan dialihkan penggunaannya pada peserta didik lain, kondisi sepeda masih layak untuk digunakan,” tambah Donny.

Penyerahan sepeda oleh Komunitas Jomber ini dilakukan di sela-sela kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) Gugus VII SD Kecamatan Jombang. Diikuti oleh 180 peserta didik dari seluruh sekolah yang masuk pada Gugus VII SD Kecamatan Jombang, Persami berlangsung Sabtu-Minggu, 13-14 Oktober bertempat di Lapangan Banjardowo, Jombang. Sebelum melakukan penyerahan sepeda, pada Minggu pagi peserta Persami dan anggota Komunitas Jombers bersepeda bersama di sekitar wilayah Banjardowo. fitrotul aini.

No comments

Powered by Blogger.