Lantangkan Nasionalisme Melalui Upacara Bendera


TK PKK Dahlia Kalang Semanding, Perak, memaksimalkan perkembangan fisik, motorik dan kognitif sebagaimana mestinya, lembaga ini juga menambahkan kegiatan lain guna menanamkan karakter anak didik sejak dini.

PERAK – Melihat setiap tahapan perkembangan buah hati menjadi satu kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Oleh sebab itu suatu lembaga pendidikan bagi anak usia dini atau prasekolah memiliki andil yang cukup besar dalam membentuk laju perkembangan anak sesuai taraf usianya agar berjalan maksimal ke arah positif.

Demikian juga yang diupayakan TK PKK Dahlia Kalang Semanding, Perak. Selain memaksimalkan perkembangan fisik, motorik dan kognitif sebagaimana mestinya, lembaga ini juga menambahkan kegiatan lain guna menanamkan karakter anak didik sejak dini. Seperti halnya melafalkan Syahadat beserta beberapa surat pendek Juz Amma di setiap pagi, serta di hari Jumat membaca Iqro sebagai awal pengenalan huruf hijaiyah sebelum membaca Alquran.

Kepala TK PKK Dahlia Kalang Semanding, Yeni Purwaningsih menjelaskan, “Khusus hari Senin, anak didik mendapatkan pengenalan mengenai upacara bendera sebagai penanaman karakter kebangsaan. Di awal pengenalan, guru mempersilakan seluruh anak didik untuk melihat dengan seksama pelaksanaan upacara bendera peserta didik SD yang ada di satu lingkup halaman.”




Setelah melihat pelaksanaan upacara bendera, secara tidak langsung akan meninggalkan satu memori gambaran kecil yang terus diingat anak didik ketika mendapati hal serupa. Baik dari segi gerakan baris-berbaris ataupun pelafalan Pancasila, Pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD 1945) hingga lagu wajib nasional.

“Ketika gambaran anak didik sudah terbentuk, Senin berikutnya guru dapat menunjuk, mengarahkan dan membagi tugas sesuai perannya sebagai petugas upacara bendera secara bergantian. Agar semua anak didik memperoleh pengalaman yang sama,” kekeh Yeni Purwaningsih.

Selama upacara berlangsung, orang tua sebagai pengantar anak didik diimbau turut mengikuti semua prosesnya sebagai peserta. Selain menjaga sang buah hati juga mampu menggugah jiwa nasionalis masyarakat setempat, serta mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi meraih kemerdekaan bangsa.

“Walaupun pelaksanaan masih jauh dari kata sempurna, tetapi melalui pembiasaan upacara bendera bisa menjadi upaya alternatif dalam menanamkan pendidikan karakter kebangsaan sejak dini. Dampaknya anak didik bisa mengetahui bahwa warna bendera Bangsa Indonesia adalah merah dan putih serta memahami sikap apa yang harus dilakukan ketika hendak menyanyikan lagu nasional. Terpenting supaya anak didik beserta orang tua tidak melupakan identitasnya sebagai warga negara Indonesia,” papar perempuan berhijab tersebut. fakhruddin

Index :

Nama Sekolah : TK PKK Dahlia

Alamat : Dsn. Ngrombot, Ds. Kalang Semanding, Perak

Jumlah Guru : 3

Jumlah Anak Didik : 15 (A:8, B:7)

Jumlah Gedung : 1

No comments

Powered by Blogger.