Nasi Kikil Kuliner Khas Jombang



Nasi Kikil adalah makanan tradisional berupa nasi yang dihidangkan bersama dengan sayur lodeh kikil. Nasi Kikil ini biasanya disajikan dengan sederhana yaitu menggunakan daun pisang yang dipincuk.

Liburan ke Jombang, kurang lengkap jika belum berburu kuliner khasnya. Salah satu makanan yang wajib kamu coba di sini adalah Nasi Kikil, menu khas Jombang yang juga difavoritkan mantan presiden RI, Abdurahman Wahid.

Nasi Kikil adalah makanan tradisional berupa nasi yang dihidangkan bersama dengan sayur lodeh kikil. Nasi Kikil ini biasanya disajikan dengan sederhana yaitu menggunakan daun pisang yang dipincuk. Walaupun penyajiannya sederhana, makanan satu ini juga memiliki rasa yang sangat khas. Nasi Kikil ini merupakan salah satu makanan tradisional dari Jombang, Jawa Timur.

Pengolahan Dan Penyajian Nasi Kikil

Nasi yang digunakan pada sajian Nasi Kikil ini merupakan nasi putih biasa. Sedangkan sayur lodehnya terbuat dari irisan nangka muda, pepaya muda dan kikil sapi. Untuk kikil sapi ini merupakan kikil pilihan yang diolah dengan cara khusus dan waktu yang cukup lama, sehingga menghasilkan kikil yang kenyal dan lembut. Selain kikil ada juga beberapa penjual yang menambahkan ati, kulit dan paru sapi sebagai variasi. Kemudian bahan tersebut dimasak dengan bumbu khusus dan air santan.

Dalam penyajiannya, sayur lodeh tersebut disajikan bersama nasi hangat menggunakan daun pisang yang di bentuk kerucut atau dipincuk. Untuk menikmati Nasi Kikil tersebut biasanya ditemani dengan lauk seperti daging, paru, babat dan empal. Selain itu biasanya penjual Nasi Kikil juga menyediakan menu lauk pauk lain yang bisa kita pilih sesuai dengan selera kita.

Cita Rasa Nasi Kikil

Nasi Kikil ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Kuah santannya yang gurih dan sedikit pedas sangat terasa mendominasi makanan satu ini. Sayur lodeh ini juga memiliki aroma yang sangat khas sehingga sangat menggugah selera. Selain itu tekstur kikil yang kenyal tentu memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.

Tempat Kuliner Nasi Kikil

Nasi Kikil banyak ditemukan di warung – warung daerah Mojosongo yang menyediakan makanan ini pada malam hari. Tentunya dengan harga yang relatif murah, anda sudah bisa menimati satu porsi Nasi Kikil ini.


*) Diolah dari berbagai sumber

No comments

Powered by Blogger.