Hemat dengan Bersepeda


Kalau naik motor itu bisa mengurangi uang jajan untuk membeli bahan bakar. Apalagi usia saya masih 15 tahun sehingga belum layak memperoleh Surat Izin Mengemudi.

JOMBANG – Siang itu matahari begitu terik, maklum meski beberapa waktu terakhir Jombang sudah di guyur hujan tetapi intensitas kemarau masih terasa. Walaupun demikian tidak menyurutkan komiteman dari peserta didik SMA PGRI 1 Jombang, Ristyo Radhia Rabbani untuk menggunakan moda transortasi sepeda guna ke sekolah.

Bagi anak pertama dari dua bersaudara ini bersepeda memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatannya. Menurutnya bersepeda membuat stamina dan kesehatannya terjaga, sehingga segala aktivitasnya berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Remaja berpawakan tinggi ini mengungkapkan awalnya termotivasi dari keluarganya. Tiap libur akhir pekan ayahnya selalu mengajaknya bersepeda mengelilingi Kota Santri. Akhirya, menemukan kenikmatan bersepeda. Baik menimati pemandangan pematang sawah, segarnya udara pagi, hingga melatih untuk hidup lebih sederhana.

“Kalau naik motor itu bisa mengurangi uang jajan untuk membeli bahan bakar. Apalagi usia saya masih 15 tahun sehingga belum layak memperoleh Surat Izin Mengemudi,” ujar peserta didik kelas X ini.

Terlebih jarak sekolah dengan rumah tidaklah terlampau jauh. Dibutuhkan waktu sekitar sepuluh menit perjalanan dengan bersepeda santai. Jadi, cukup menuju sekolah tanpa harus bercucur keringat.




Bersepeda Menjadi Hobi

Seringnya bersepeda hampir setiap hari ke sekolah dan kegiatan lain, akhirnya melebur menjadi hobi. Bahkan sangking gandrungnya, Ristyo Radhia Rabbani mendambakan menjadi pengusaha sepeda kelak. Ditambah orangtuanya memberikan dukungan penuh atas angan anaknya ini. Diantaranya tidak membatasi jika Rio sapaan akrabnya berkehendak memodifikasi sepeda koleksinya.

Beberapa koleksi sepeda milik Ristyo Radhia Rabbani diantaranya Thrill Tabibitho 1.0. Sepeda jenis Mountain Bike (MTB) itu merupakan sepeda yang mampu melaju diberbagai medan. Sepeda gunung bertipe xc yang bisa dipergunakan di jalan halus maupun off-road.

Kelebihan lainnya mengendara sepeda ini sudah memakai Shimano Shift/Break Lever E-Z Fire Plus ST-EF4-3 x 7 speed yang menjadikan pemakainya tidak merasa kesulitan saat naik bukit. Selanjutnya sistem pengereman mekanik dan suspensi dibagian depan dan belakang. Karena segi pengeremannya sudah dibekali dengan disc brake, mekanis yang akan membuat bersepeda semakin aman dan nyaman. Serta dilengkapi dengan inner routing kabel yang membuat peletakan kabel tertata rapi dan terlihat lebih bersih. Sepeda Tabibitho MTB memiliki desain geometri yang mencerminkan pribadi muda dan mempesona.

Varian Thrill Tabibitho 1.0 dibangun dari frame alumunium alloy dan fork karbon. Sesuai dengan tradisinya Thrill Tabibitho 1.0 memiliki spesifikasi terperinci. Diantaranya berukuran 26 inchi, frame alloy bertype 6061 yang kuat dan kokoh menjadikan pengendaranya tidak perlu kuatir jika melewati medan offroad. Anjuran terbaik tidak melakukan aksi downhill karena belum sesuai klasifikasinya. chicilia risca

No comments

Powered by Blogger.