Belajar Sambil Bermain


Belajar sambil bermain menuntut guru harus menyelami dunia anak didik. Kreatifitas dan improvisasi guru harus dikedepankan baik untuk mengakomodir seluruh anak didik sekaligus melibatkan secara bersama-sama dalam permainan yang disisipi dengan materi pembelajaran.

SUMOBITO – Orang tua kini semakin sadar akan pentingnya pendidikan bagi buah hati. Bahkan seringkali mempertimbangkan fasilitas dan program yang terdapat di lembaga pendidikan tersebut. Hal itu bukannya tanpa alasan, selain ingin mendapatkan yang terbaik tentunya jaminan bahwa anaknya akan siap menempuh jenjang pendidikan selanjutnya.


Oleh karenanya Kelompok Bermain (KB) Nur Kamilah Sumobito menangkap kondisi ini dengan menyesuaikan kebutuhan pembelajaran sesuai dengan eranya. Namun demikian tetap masuk kedalam dunia anak, sehingga cara yang dipilih adalah bermain sambil belajar.

Hal itu diakui oleh Kepala KB Nur Kamila Sumobito, Husnul Khotimah, S.Pd.I kalau belajar sambil bermain menuntut guru harus menyelami dunia anak didik. Kreatifitas dan improvisasi guru harus dikedepankan baik untuk mengakomodir seluruh anak didik sekaligus melibatkan secara bersama-sama dalam permainan yang disisipi dengan materi pembelajaran.

“Ada sejumlah Alat Permainan Edukatif (APE) disini yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan anak didik. Misalnya yang terdapat di halaman luar diantaranya tangga roda, tangga pelangi, seluncur faiber, tangga laba-laba, cingkir putar, jungkat-jungkit, ayunan, papan titian dan playground mini.”




Penggunaannya pun tetap dalam pengawasan guru meskipun keberadaannya sebagian di luar ruangan. Ditambah adanya pagar sehingga menambah tingkat keamanan anak didik. Sementara di dalam kelas juga disediakan lego, balok, panggung teater mini drama boneka tangan, globe, peta Indonesia dalam bentuk poster serta tersedia juga televisi dan DVD Player jika terdapat penyampaian materi yang membutuhkan menggunakan kaset CD sebagai bahan pelajaran.

Melalui APE anak didik diransang untuk lebih mengenal dan mengamati keadaan disekitarnya. Anak didik bakal mulai melakukan penyesuaian serta membedakan pelbagai macam bentuk, warna, dan peruntukannya. Selain itu mampu merangsang anak didik mengekplorasi maupun bereksperimen mengembangkan pelbagai aspek perkembangan berdasarkan usianya. Terpenting juga kembali tujuan belajar sambil bermain ialah membuat anak didik menjadi gembira.


Selanjutnya pembelajaran yang telah dijalankan pun dikomunikasikan dengan orang tua. Harapannya ada tindaklanjut dari orang tua sebagai penguatan sehingga ada keterlibatan antara orang tua denga KB Nur Khamila Sumobito. chicilia risca


Data Lembaga:

Nama Lembaga : KB Nur Kalimah

Alamat : Dusun Tulungrejo, RT/RW : 30/11, Desa Segodorejo, Sumobito

NPSN : 69866156

Nomor izin pendirian : 563/2574/415.21/2014

Nomor izin operasional : 421.1/3381/415.16/2018

Status tanah : Hibah

Luas tanah : 386 m2

Luas bangunan : 54 m2

Prestasi :

1. Juara II Tari Kebon Ratu tingkat Kecamatan Sumobito

2. Juara III Mewarnai tingkat Kabupaten Jombang

No comments

Powered by Blogger.