Jejak Pertarungan Kebo Kicak dan Surontanu


“Melalui serangkaian peristiwa tersebut lokasi perlawanan Surontanu terhadap Kebo Kicak oleh warga sekitar diberi nama Ngelawan (Jawa: Perlawanan). Berikutnya, tempat pengembalian stamina Surontanu diberi nama Senden (Jawa: Bersandar) dan lokasi pertemuan Kebo Kicak dengan Sapi Pontang dikenal sebagai Tembelang.” - Sapiud -

PETERONGAN – Legenda pertarungan Kebo Kicak dan Surontanu mebeber sejumlah asal usul desa. Entah bagaimana pastinya, namun sebagian besar nama desa di Jombang tidak lepas dari aksi kedua pendekar sakti nan mandraguna tersebut. Salah satunya adalah Desa Seden, Kecamatan Peterongan.

Konon desa ini masih memiliki keterkaitan dengan tiga dusun yakni Ngelawan, Tembelang, dan Senden. Diungkapkan oleh Kepala Dusun Ngelawan, Sapiud kalau cerita dimulai dari Dusun Ngelawan. Diceritakan bahwa dahulu lokasi serangan Kebo Kicak mendapatkan perlawanan dari Surontanu di daerah ini. Meski mengetahui kesaktian Kebo Kicak tidak membuat Surontanu getar sedikit pun, bahkan dilandeni dengan sengit.

“Tidak berhenti di situ. Berkat kesaktian Kebo Kicak, Surontanu sempat dibuat kualahan dan mengalami kelelahan. Apabila diteruskan secara langsung kemungkinan besar akan menggugurkannya, sampai akhirnya Surontanu mengatur strategi untuk meninggalkan pertarungan sementara guna memulihkan staminanya,” terang Sapiud.

Di tengah pelariannya, Surontanu menemukan batu berukuran besar di bawah pohon yang cukup rindang, sangat cocok digunakan sebagai tempat pemulihan tenaganya. Seketika, Surontanu pun langsung duduk bersila sambil bersandar di pohon tersebut.

Letak antara lokasi perlawanan dengan tempat pemulihan berjarak cukup jauh, sehingga Kebo Kicak cukup sulit menemukan Surontanu. Terlebih, dahulu kala daerah tersebut masih berupa kawasan hutan belantara. Sempat kehilangan jejak dan bertemu dengan Sapi Bontang atau dalam Bahasa Jawa dikenal sebagai Sapi Pontang (tembel dan belang).

Laki-laki asal Dusun Ngelawan ini menambahkan, “Melalui serangkaian peristiwa tersebut lokasi perlawanan Surontanu terhadap Kebo Kicak oleh warga sekitar diberi nama Ngelawan (Jawa: Perlawanan). Berikutnya, tempat pengembalian stamina Surontanu diberi nama Senden (Jawa: Bersandar) dan lokasi pertemuan Kebo Kicak dengan Sapi Pontang dikenal sebagai Tembelang.”

Hanya saja, imbuh Sapiud, tidak ada tokoh masyarakat yang tahu mengenai kelanjutan cerita dari peristiwa bersejarah itu. Sehingga tidak diketahui bagaimana akhir pertarungan sengit tersebut. fakhruddin

No comments

Powered by Blogger.