SDN Sumobito III Perkasa Kualitas Non-Akademis


Unggulannya tentu saja Muatan Lokal (Mulok) Keagamaan. Untuk mendukung visi pemerintah Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing. - Karnoto, M.Pd. -

SUMOBITO – Saat ini sekolah sebagai penyelenggara pendidikan tidak hanya mengandalkan keunggulan akademik sebagai nilai tawar kualitas melainkan juga aspek pendukung lain. Beragam kegiatan di luar program pembelajaran regular dihadirkan sebagai sarana pengembangan diri peserta didik.

Salah satu SD yang memberikan banyak pilihan pengembangan diri bagi peserta didiknya adalah SDN Sumobito III. Di SD ini peserta didik bisa mengikuti beragam kegiatan juga memilih banyak ekstrakurikuler dari bidang seni, olah raga, hingga bahkan keagamaan.

“Unggulannya tentu saja Muatan Lokal (Mulok) Keagamaan. Untuk mendukung visi pemerintah Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing, dalam pelaksanaan Mulok Keagamaan di sekolah kami menyediakan dua guru guna membantu peserta didik memaksimalkan pencapaian pembelajaran. Salah satunya bahkan merupakan seorang tahfidz (penghafal) juga qori’ (membaca dengan indah) Alquran,” jelas Kepala SDN Sumobito, Karnoto, M.Pd.

Bantuan dua guru Mulok Keagamaan yang bersinergi dengan dua guru Pendidikan Agama Islam (PAI), nuansa agamis di sekolah yang berdiri sejak tahun 1981 ini semakin terasa. Penguasaan serta pemahaman peserta didik terhadap bermacam materi keagamaan juga meningkat. Hal ini dibuktikan dengan selalu adanya peserta didik SDN Sumobito III yang terpilih mewakili kecamatan pada lomba keagamaan tingkat kabupaten.



Dari bidang olah raga, atletik dan wushu turut menyumbangkan torehan prestasi minimal di tingkat kabupaten atau provinsi. Saat beberapa kali pertandingan wushu, peserta didik berhasil menyabet berbagai prestasi dan penghargaan hingga tingkat provinsi. Sementara dari atletik, meskipun belum berhasil menyumbangkan juara, peserta didik asal SDN Sumobito III berhak terpilih mewakili Kabupaten Jombang dalam ajang Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) Provinsi Jawa Timur cabang olahraga kids atletik.

“Meski untuk beberapa olah raga sekolah belum mampu menyediakan fasilitas tetapi kami selalu memberikan motivasi juga kesempatan pada peserta didik. Melalui menjalin kerja sama dengan berbagai pihak seperti pengelola kolam renang, klub bulu tangkis, dan klub wushu kami memberikan peluang seluas-luasnya pada peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya,” ucap Kartono.

Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib sekolah juga turut membanggakan melalui raihan Juara Harapan I Gugus Depan (Gudep) Unggulan Kwartir Cabang (Kwarcab) Jombang. Sementara dari bidang seni, ekstrakurikuler drumben, tari, juga seni musik bisa menjadi pilihan peserta didik untuk mengembangkan potensi diri. fitrotul aini.

Profil singkat sekolah :

Nama Sekolah : SDN Sumobito III

Alamat : Jl. Bahagia, Medan Bhakti, Sumobito, Jombang

Berdiri sejak : 1981

Luas Tanah : 2275 m2

Jumlah rombel : 12 rombel

Akreditasi : A

Jumlah guru : 20 orang (PNS : 8 termasuk KS, PAI, OR)

No comments

Powered by Blogger.