Cetak Talenta Peserta Didik Berkarakter



Upaya untuk mendongkrak prestasi peserta didik, pihaknya selalu membimbing, memberikan motivasi, membina, memfasilitasi, serta membuka kesempatan yang seluas-luasnya kepada peserta didik untuk mengembangkan potensinya dengan mengikuti berbagai kompetisi dan lomba mulai tingkat sekolah, kecamatan, dan kabupaten.

MOJOAGUNG – Pembinaan pendidikan karakter, pengembangan bakat, serta olah seni selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong pengembangan potensi peserta didik. Itulah program unggulan yang diterapkan SDN Tejo 1 Mojoagung, dalam upaya mencetak peserta didik yang memiliki talenta yang berkarakter.

Kepala SDN Tejo I Mojoagung, Ahmad Anwar Fa’un, S.Pd. mengatakan jika peserta didik menguasai ilmu, bakat tersalurkan, berkarakter dan mampu mengolah seni, diharapkan peserta didik tidak hanya mampu mengembangkan potensi dirinya dengan baik. Namun bermanfaat bagi kehidupannya di masa yang akan datang, juga bermanfaat bagi masyarakat, kehidupan sosial, serta mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Selain menguatkan pendidikan karakter, suasana belajar yang kondusif juga menjadi perhatian bagi kami. Peserta didik itu akan mampu mengembangkan potensi dirinya jika didukung dengan suasana belajar yang kondusif, aman, dan nyaman sehingga peserta akan terpacu dalam mengeksploitasi potensi dirinya,” tutur pria asal Kecamatan Megaluh tersebut.


Baca Juga : Lelang Barang Mantan Fasilitasi para Manusia Susah Move On

Upaya untuk mendongkrak prestasi peserta didik, pihaknya selalu membimbing, memberikan motivasi, membina, memfasilitasi, serta membuka kesempatan yang seluas-luasnya kepada peserta didik untuk mengembangkan potensinya dengan mengikuti berbagai kompetisi dan lomba mulai tingkat sekolah, kecamatan, dan kabupaten.

“Sarana dan prasarananya Alhamdulillah sekolah kami sudah terpenuhi semua. Dari ruang kelas, ruang guru, toilet, musala, perpustakaan dan kantin ada. Hanya saja untuk gedung perpustakaan perlu adanya perbaikan,” ujar Ahmad Anwar Fa’un ketika ditemui di ruangannya.

Sekolah yang sejak berdiri pada tahun 1956 tersebut merupakan sekolah terluas se Kecamatan Mojoagung. Memiliki luas tanah 6.738 meter persegi membuat peserta didik nyaman saat melakukan pembelajaran di ruang atau halaman di sekolah tersebut. Hal tersebut menurut Ahmad Anwar Fa’ud menjadi salah satu faktor penunjang prestasi peserta didiknya.

Prestasi yang pernah diraih baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, dikatakan mantan guru olahraga tersebut, selain prestasi non-akademik, peserta didiknya juga berprestasi di bidang akademik mulai tingkat kecamatan hingga kabupaten, seperti menjuarai lomba cedas cermat dan mendapat nilau NUN terbaik Se Kecamatan Mojoagung.


Sementara itu, prestasi di bidang ekstrakurikuler juga sangat membanggakan, terutama ekstrakulikulee drumben dan tari Remo. Hal itu membuat peserta didik bisa mengekspresikan diri ke hal yang positif. Hal ini diyakininya pula bakal menjadikan peserta didik betah di sekolah.

Salah satu guru SDN Tejo I Mojoagung, Asroni menjelaskan bahwa, dalam perkembangannya, ekstrakulikuler inipun terbilang cukup menjanjikan. Eksistensinya, membuat peserta didik kerap diundang untuk tampil di berbagai event-event bergengsi. Dari situ, didapatkan pula sebuah keuntungan ekonomis. Sebagai imbalan profesional atas kompetensi kemampuan bermusik dan tarian yang ditampilkan di ajang-ajang tersebut.

Dengan demikian, manfaat yang didapatkan peserta didik menjadi jauh lebih luas. Mendalami dan menjaga budaya daerah, khususnya seni budaya tari untuk eskul tari serta bagi ekskul drumben dapat mengembangkan bakat musiknya, sekaligus mendapatkan keuntungan ekonomis sebagai pelaku profesional.

“Karena itu pula, orientasi yang kami bangun di ekskul ini sekarang lebih luas. Membangun prestasi, merawat budaya bangsa, sekaligus memberikan kesempatan ekonomis bagi peserta didik lewat kemampuan profesionalnya,” pungkas pria yang sebagai guru pelatih drumben tersebut. aditya eko

No comments

Powered by Blogger.