Menjaring Atlet Berprestasi


“Keberadaan POP merupakan wadah bagi peserta didik untuk mengimplementasikan pendidikan karakter melalui olahraga. Sekaligus memiliki nilai tambah sebagai ajang pengembangan kegiatan ekstrakurikuler olahraga dan penyaringan bibit atlet serta memberikan pengalaman bagi perwakilan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang telah menjadi agenda tahunan.” - Imam Suhardi,S.Pd., M.M.Pd. -

JOMBANG – Ketika negeri ini sedang surut prestasi, Jombang tidak tinggal diam begitu saja. Upaya pencarian bibit unggul dibeberapa cabang olahraga terus dilangsungkan. Hal itu terasa sewaktu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang bekerjasama dengan MKKS SMP Negeri dan FKMGMP Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SMP Kabupaten Jombang dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar (POP) Tingkat SMP Piala Bupati Jombang pada (8-16/1)

“Keberadaan POP merupakan wadah bagi peserta didik untuk mengimplementasikan pendidikan karakter melalui olahraga. Sekaligus memiliki nilai tambah sebagai ajang pengembangan kegiatan ekstrakurikuler olahraga dan penyaringan bibit atlet serta memberikan pengalaman bagi perwakilan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang telah menjadi agenda tahunan,” papar penanggung jawab kegiatan, Imam Suhardi, S.Pd., M.M.Pd.

Kegiatan yang mengusung tema Melalui Pekan Olahraga Pelajar Kita Tingkatkan Karakter dan Prestasi ini mulanya hanya menyasar sekolah negeri saja, tetapi ketika pendaftaran dibuka animo lembaga swasta pun cukup tinggi. Pada akhirnya POP diikuti oleh SMP negeri/swasta yang ada di Kota Santri, harapannya selain berkompetisi demi meraih prestasi juga mampu mempererat tali silaturahmi peserta didik beserta guru antar lembaga.

POP Tingkat SMP Piala Bupati Jombang di awal tahun 2019 ini terdiri atas delapan cabang perlombaan, yakni Sepak Bola, Sepak Takraw, Atletik, Tenis Meja, Renang, Bola Voli, Basket dan Bulutangkis. Kesekian banyak perlombaan tersebut dilangsungkan di beberapa tempat berbeda, diantaranya Stadion dan GOR Merdeka Jombang, lapangan sepak bola Desa Plandi, lapangan bola voli SMA Negeri 3 beserta Kecamatan Jombang, lapangan basket SMA Negeri 2 dan sejumlah lokasi lainnya.

Rupaya kegiatan ini sudah dinantikan peserta didik, terbukti banyak diantara peserta mengaku sudah mempersiapkan jauh hari. Diantaranya juga dilebur dalam latihannya berbarengan dengan ekstrakulikuler. Seperti yang dulakukan oleh SMP Negeri 1 Jombang yang menjadikan momentum POP Tingkat SMP Piala Bupati Jombang guna memaksimalkan esktrakulikuler di sekolah.

Kepala SMP Negeri 1 Jombang saat itu, Drs. Muhlas, M.Si., yang kini menjabat sebagai Kepala SMP Negeri 1 Diwek menuturkan, “Pengertian tersebut menjadi pesan yang selalu disampaikan kepada peserta didik, harapannya supaya di setiap ada kesempatan maupun undangan mengikuti perlombaan tertentu selalu siap. Tidak harus melalui latihan intensif yang justru akan memakan cukup besar stamina peserta didik.” fakhruddin

No comments

Powered by Blogger.