Meningkatkan standard kompetensi guru kelas, Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Sekolah (Guslah) I Kecamatan Mojowarno mengadakan pelatihan praktikum Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi guru kelas tinggi (guru kelas 4, 5, 6).

MOJOWARNO, MSP – Untuk meningkatkan standard kompetensi guru kelas, Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Sekolah (Guslah) I Kecamatan Mojowarno mengadakan pelatihan praktikum Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi guru kelas tinggi (guru kelas 4, 5, 6). Sebanyak 35 orang peserta dari 11 SD mengikuti pelatihan yang diadakan di SDN Japanan II ini.

Bekerja sama dengan UPTD Laboratorium IPA Kabupaten Jombang, pelatihan yang diadakan dalam empat kali pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mengajar guru. Sehingga guru ketika mengajar tidak hanya semata menyampaikan materi kepada peserta didik tetapi juga menguasai proses inquiry untuk peserta didik. Peserta didik distimulus untuk dapat mampu menemukan, mengkonstruksikan, dan menyimpulkan fenomena terkait materi pembelajaran.

“Selain itu juga pelatihan ini diharapkan dapat mendorong guru khususnya guru IPA untuk mulai melakukan kegiatan praktikum karena selama ini masih banyak guru yang mengajarnya masih dengan sistem klasikal (hanya menjelaskan materi kepada peserta didik),” ujar Ketua KKG Guslah I Kecamatan Mojowarno, Abu Alif, S.Pd.

Disamping itu, melalui pelatihan ini diharapkan guru dapat memanfaatkan sekaligus memahami prosedur pelaksanaan praktikum yang baik serta penggunaan kit laboratorium yang dibawa oleh tim UPTD Laboratorium IPA. Sehingga ketika ada dropping bantuan alat praktikum IPA dari pemerintah para guru ini dapat menggunakannya dengan baik untuk proses pembelajaran.

Alasan mengapa mata pelajaran IPA dipilih sebagai bahan untuk peningkatan standard kompetensi guru kelas, menurut Abu Alif lebih karena mata pelajaran IPA memiliki kompleksitas materi. Selain penyampaian materi melalui penjelasan yang disampaikan di dalam kelas, pada mata pelajaran IPA juga diperlukan adanya praktikum agar pemahaman peserta didik akan materi bisa menjadi lebih utuh.

Kepala UPTD Laboratorium IPA Kabupaten Jombang, M. Jazuli S.T mengapresiasi inisatif yang dilakukan oleh KKG Guslah I Kecamatan Mojowarno untuk meningkatkan kompetensi para anggotanya dengan mengasah kemampuan praktikum IPA. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat dilakukan juga oleh KKG wilayah lain.

“UPTD Laboratorium IPA memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada semua pihak yang ingin bekerja sama dengan kami terkait materi ke-IPA-an. Kami akan menyediakan materi dan jugs perlengkapan praktikumnya. Tidak perlu khawatir dengan biaya karena hal ini sudah menjadi tugas dari UPTD Laboratorium IPA, sehingga silahkan dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Jazuli dalam sambutannya.

Kedepannya Abu Alif berharap bahwa kerjasama antara KKG Guslah I Kecamatan Mojowarno dan UPTD Laboratorium IPA Terpadu Kabupaten Jombang ini tidak berhenti pada pelatihan saja. Namun hingga pada proses supervisi oleh instruktur untuk memonitor sekaligus mengevaluasi pemahaman para guru pasca pelatihan.

“Apalagi sekarang ditambah dengan tuntutan K13 yang mengharapkan peserta didik untuk lebih banyak berperan aktif dalam proses pemahaman materi pembelajaran. Sudah tidak lagi bergantung pada penjelasan searah dari guru,” tutup Abu Alif. fitrotul aini.
Sebelumnya Berikutnya