SDN 1 Sentul Tembelang, sekolah dengan akreditasi A yang memiliki luas bangunan 2580 meter persegi berada di jalan A. Yani nomor 83 Desa Sentul, Kecamatan Tembelang dan berdiri sejak 1948.

TEMBELANG, MSP - Menjaga kekompakan dan selalu optimis menjadi dasar utama bagi SDN 1 Sentul Tembelang hingga sekarang. Terlihat ketika berangkat sekolah, peserta didik dengan bergegas penuh semangat menggunakan sepeda bersama, serta beberapa yang diantar orang tua. Terdata 168 peserta didik per Juni 2016. Sekolah dengan akreditasi A yang memiliki luas bangunan 2580 meter persegi berada di jalan A. Yani nomor 83 Desa Sentul, Kecamatan Tembelang dan berdiri sejak 1948. Berjarak dari pusat Kecamatan tiga kilometer sedangkan 10 kilometer dari pusat otonomi daerah Jombang.

Pada tahun 2005 memenangkan kejuaraan bidang bulu tangkis tunggal putra di Pekan Olahraga (POR) provinsi. Prestasinya sangat berkembang dalam ajang O2SN 2016 mewakili Kabupaten Jombang ke provinsi untuk perlombaan atletik kids (lari,lompat dan lempar). Perlombaan dibidang lingkungan sehat tingkat kabupaten mendapatkan Juara III. Kejuaraan cerdas cermat agama juga mendapat Juara III sebagai salah satu perwakilan berkelompok untuk Kecamatan Tembelang 2017. Olahraga voli banyak diminati oleh peserta didik hingga mampu meraih Juara III saat perlombaan di kecamatan.

Guru mata pelajaran olahraga, Sugeng, S.Pd. mengungkapkan, “Informasi selalu kami perbaharui disetiap kegiatan dan berlombaan, siap kapanpun jika diperlukan dalam segala macam jenis kompetisi, kalah ataupun menang tidak akan berhenti”.

Selama 69 tahun mencerdaskan peserta didik dengan berbagai prestasi yang membanggakan. Menurut Kepala Sekolah Djumirah, S.Pd. (53), dalam bimbingannya mengutamakan kualitas pendidikan disegala bidang.

“Peningkatan mutu pendidikan akademik dan non akademik perlu ditingkatkan serta berupaya untuk selalu bertahan dalam kualitas pencapaiannya,” ungkap Djumirah.

Menerapkan disiplin pada peserta didik melalui keseharian saat berinteraksi tidaklah sulit. Pasalnya setiap pagi pukul 06.15 WIB saat peserta didik masuk ke gerbang sekolah sudah disambut oleh guru piket dengan senyum, salam, sapa, sopan (mencium tangan), santun (berpakaian rapi dan berbaris rapi). Sebelum kegiatan belajar dimulai, peserta didik ditanamkan nilai budi pekerti dengan diputarkan lagu kebangsaan Indonesia, lagu daerah, dan setelah itu berdoa bersama.

Didukung dengan fasilitas sekolah SDN 1 Sentul yang baik, seperti alat drum band lengkap untuk dua kelompok besar dan kelompok kecil. Terdapat pendidikan UKS untuk dokter kecil sekolah saat pertolongan pertama peserta didik sakit dengan dibimbing oleh Puskesmas Tembelang, dan koperasi peserta didik agar mampu berwirausaha.
chicilia risca
Sebelumnya Berikutnya