Pengukuhan Bupati Jombang sebagai Mabicab dilantik oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Syaifulloh Yusuf atau biasa disebut Gus Ipul.

WONOSALAM, MSP – Pada hari Sabtu (30/9), Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Jombang, pada masa bakti 2017 sampai 2022. Pelantikan dilakukan di Bumi Perkemahan Cinta Alam Indonesia (CAI) di Dusun Komboh Desa Sambirejo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang (KOSAMBIWOJO).

Pengukuhan Bupati Jombang sebagai Mabicab dilantik oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Syaifulloh Yusuf atau biasa disebut Gus Ipul. Selain pelantikan Ketua Mabicab, ikut juga dilantik anggota majelis pembimbing cabang Jombang terdiri dari pejabat Pemkab Jombang beserta andalan kwartir Pramuka cabang Jombang, ketua majelis Pembimbing ranting se-Jombang yaitu camat, ketua majelis pembimbing desa se-Jombang yakni Kepala Desa beserta ketua majelis pembimbing gugus depan (gudep) se-Jombang.

“Acara ini diikuti kurang lebih 1883 peserta dari seluruh wilayah di Kabupaten Jombang. Semua diundang dan hadir untuk mewakili setiap instansi pemerintahan ataupun lembaga-lembaga pendidikan binaan masing-masing,” ungkap Ketua Mabicab seusai pelantikan.

Terbentuknya jajaran baru, membangkitkan semangat baru pengurus pramuka untuk lebih berkontribusi memajukan Jombang dan Jawa Timur. Generasi pramuka harus cakap menghadapi segala hal, pantang menyerah, cerdas, peduli, kreatif, bertanggung jawab, serta berketerampilan khusus, sehingga siap menjadi penerus bangsa dan mampu terlibat dalam mewujudkan Jombang Sejahtera Bagi Kita Semua.

Kakak Syaifulloh Yusuf, menjelaskan, “Pramuka bukan sebatas milik orang berpakaian pramuka saja, tetapi pramuka adalah milik kita semua. Jadi semua orang berhak menjadi insan pramuka yang berguna bagi nusa dan bangsa.”

Pada pidatonya seusai melantik Mabicab, Kak Syaifulloh Yusuf sangat berterimakasih kepada seluruh peserta pelantikan. Tingginya antusias peserta mendapatkan apresiasi khusus dari Ketua Kwartir Daerah Jawa Timur, bahkan perkembangan pramuka di Kabupaten Jombang terbilang pesat daripada daerah lain.

Pesatnya perkembangan pramuka di Kabupaten Jombang sendiri tidak lepas atas kontribusi dan dukungan seluruh elemen kepramukaan. Terlebih kontribusi Bupati Jombang selaku pembina pramuka begitu penting dalam mengkomando serta membina kegiatan-kegiatan. Sehingga perlu rasanya penghargaan khusus dari presiden diajukan untuk kota santri ini, atas capaian para pelaku pramukanya.

“Sebagai pramuka kita tingkatkan semangat dalam mencetak generasi muda untuk menjaga dan membangun NKRI,” pungkas Gus Ipul. fakhruddin
Sebelumnya Berikutnya