Tugas proktor atau teknisi selalu mengingatkan pada peserta untuk login dan logout dengan benar, Disebabkan beberapa peserta didik belum memahami karena sosialisasi oleh guru belum dimaksimalkan. Backup setiap selesai satu sesi, dan tidak menunggu akhir sesi pada hari tersebut. 

JOMBANG, MSP – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 masih dalam pembenahan koordinasi dari evaluasi simulasi. Seperti yang tengah dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang pada Senin (12/2), untuk tahap simulasi II oleh sekolah yang menyelenggarakan UNBK khususnya jenjang SMP. Hal ini bertujuan untuk memberikan fasilitas layanan maksimal kepada sekolah jika terjadi permasalahan dalam sinkronisasi simulasi dan segala kesiapan saat gladi bersih maupun UNBK 2018. Pelaksana UNBK SMP Negeri berjumlah 23 sekolah dan swasta 27 sehingga total 50. Sedangkan MTS Negeri berjumlah 17 dan swasta 113, total 130 dan keseluruhan jenjang SMP 180 di Kabupaten Jombang.

Staf Kurikulum Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Trisno mengungkapkan, “Sudah mengadakan evaluasi dari pelaksanaan simulasi I namun masih terjadi kesalahan serta kekurangan dari evaluasi lalu. Saat ini masih mencari dimana letak kekeliruan tersebut, dan diharapkan teknisi yang diberikan wewenang agar memperlajari setiap arahan serta juknis ketentuan.”

Pria bertubuh tegap itu juga menambahkan, Virtual Hard Drive (VHD) diinstal setelah menerima copy VHD, lakukan instal sesuai estimasi waktu yang ditentukan, maksmal dua minggu dan minimal tiga hari sebelum simulasi kemudian pelajari terlebih dahulu karakteristiknya. Proktor dan teknisi perlu selalu membaca panduan yang dikeluarkan dari Puspendik serta selalu memperbaharui berita di website UNBK.

Selanjutnya VHD singkron dibackup pada hardisk eksternal, karena mayoritas melakukan penyimpanan di server dan ketika server mengalami kerusakan atau terbakar, maka semua data akan hilang serta bersifat fatal. Server diupayakan memiliki UPS dan wajib memiliki genset terutama saat pelaksanaan UNBK. Kesulitan terdapat pada aplikasi VHD, dirancang sedemikian rupa agar tetap terhindar dari kecurangan pihak yang tidak bertanggungjawab. Maka berdampak pada sensitif dari aplikasi VHD ketika diberikan aplikasi yang dapat membahayakan serta tidak sesuai, maka dengan sendirinya akan rusak.

Proktor

Tugas proktor atau teknisi selalu mengingatkan pada peserta untuk login dan logout dengan benar, Disebabkan beberapa peserta didik belum memahami karena sosialisasi oleh guru belum dimaksimalkan. Backup setiap selesai satu sesi, dan tidak menunggu akhir sesi pada hari tersebut.

Kekurangan disoroti lebih dominan untuk teknisi mengabaikan laporan online setiap sesi, dan perlu ditingkatkan dalam budaya baca. Karena juknis atau petunjuk simulasi maupun singkronisasi perlu dipelajari dengan teliti serta telaten.

Solusi lain yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang dengan merangkul komunitas guru yang melayani pertanyaan serta konsultasi tentang UNBK bagi sekolah pelaksana (helpdesk). Merupakan gabungan dari guru TIK jenjang SMP, SMA dan SMK berjumlah 18 anggota. Bermula 9 anggota yang dibentuk dari Provinsi dan ditunjuk sebagai helpdesk, namun Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang melakukan pantauan dengan SDM tersebut masih kurang maksimal dalam pelayanan sehingga secara inisiatif mengangkat guru TIK atau operator SMP untuk bergabung di dalam tim.

Sekertaris helpdesk Kabupaten Jombang, Yossy Ratna Andreyani menjelaskan, “Terkadang ada proktor yang langsung berkirim pesan pribadi ke helpdesk. Kami para helpdesk sepakat jika permasalahan tidak di ungkapkan dalam grup, maka kami akan memberi penjelasan terlebih dahulu.”

Ratna sapaan akrabnya menambahkan, timnya sudah berusaha semaksimal mungkin agar semua proktor mampu menyelesaikan permasalahan. Beberapa permasalahan lebih disebabkan pada human error yg bisa mengakibatkan kerusakan server. Jika permasalahan mampu diselesaikan dengan dibantu lewat team viewer, pihaknya cukup meremote. Jika tidak bisa melalui tv maka tim siap mendatangi. chicilia risca
Lebih baru Lebih lama