Sup Iga Bakar Membuat Lidah Bergoyang



Menurut salah satu karyawan Rumah Makan Hanny, rahasia kelezatan iga bakarnya justru terletak pada pemilihan daging iga. Secara khusus, dipilih iga depan bagian tengah yang memiliki daging tebal.

JOMBANG – Makanan sup iga sapi bakar dapat menjadi rekomendasi santapan di akhir pekan. Masakan berkuah ini dapat membuat lidah bergoyang tetapi tidak sampai merogoh kocek dalam-dalam. Rasa gurih kaldu sapi bercampur dengan daging sapi sungguh menggugah selera, terlebih disantap ketika musim penghujan seperti sekarang ini.

Menu andalan sup iga bakar tersebut dapat dijumpai di Rumah Makan Henny yang beralamatkan di Jalan Gatot Subroto nomor 46, Desa Jelakombo, Kecamatan Jombang. Rumah Makan yang buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 21.30 ini selalu ramai pengunjung. Apalagi, saat jam makan siang ataupun malam.

Tidak perlu lama-lama, begitu memperoleh tempat duduk segera saja pesan seporsi sup iga bakar. Dalam waktu yang singkat, sepiring nasi beserta empat sampai lima potong iga bakar berukuran tebal bakal langsung tersedia lengkap dengan lalapan, sambal, dan semangkuk kuah sup. Potongan iga bakar berwarna coklat sungguh menggoda. Bau harum daging yang dibakar bersama bumbu rempah benar-benar menggugah selera.

Baca Juga : 
Seni Mengajari Diri Sendiri

Begitu masuk mulut, daging iga bakar nan empuk terasa nikmat saat dikunyah. Rasa manis dan gurih pun segera menggoyang lidah. Ketika memotong daging tersebut juga tidak merasa kesulitan karena daging dimasak dengan tepat. Sehingga daging iga tidak terlalu keras, tetapi juga tidak terlalu lembek. Sementara untuk sambal menggunakan sambal kecap dengan khasnya yang pedas manis. Meski hanya disajikan sebanyak lebih kurang tiga sampai empat sendok sendok makan, tetapi sambal mampu menggugah lidah pecinta makanan pedas.

Sembari mengunyah, santaplah sesuap kuah sup. Hasilnya, rasa gurih bakal semakin bertambah. Nikmat dan mantap. Rasa kuah kaldu sapi yang gurih-gurih hangat, ditambahkan aneka sayuran seperti irisan wortel, kentang, buncis, serta ditaburi bawang goreng akan menambah sensasi makanan yang dihidangkan. Tidak heran jika sup iga bakar ini selain lezat juga pastinya mengenyangkan. Selain itu irisan jeruk nipis juga tersedia untuk menambah rasa segar.

Menurut salah satu karyawan Rumah Makan Hanny, rahasia kelezatan iga bakarnya justru terletak pada pemilihan daging iga. Secara khusus, dipilih iga depan bagian tengah yang memiliki daging tebal. Sementara, iga bagian belakang yang punya daging tipis dan lebih banyak tulang dihindari. Daging tersebut kemudian direbus selama satu jam dalam air mendidih. Setelah itu air rebusan dibuang dan diganti dengan air baru.

Proses perebusan dilanjutkan kembali bersama bumbu. Untuk menghilangkan aroma anyir, racikan bumbu halus yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, lada dan pala ditambahkan ke dalam rebusan iga sapi. Sesaat akan disajikan, iga sapi yang direbus kemudian dibakar di atas wajan anti lengket dan sesekali dilumuri dengan campuran kecap manis dan margarin. Iga bakar disajikan terpisah dengan kuah Sup yang dilengkapi dengan potongan wortel, kentang dan buncis serta taburan daun seledri iris.

Tertarik untuk mencicipinya? Langsung saja datang ke Rumah Makan Henny. Paket lengkap Sup Iga Bakar yang terdiri atas nasi putih, sup, iga bakar dan Keripik Kentang tersebut dijual dengan harga 32.000 rupiah. Namun belum termasuk minumnya yaa. aditya eko