JOMBANG – Aloe vera atau lidah buaya terbukti memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, maupun kecantikan. Tanaman dari genus Aloe ini banyak dijadikan produk kecantikan karena efek gelnya yang baik untuk kulit. Tidak hanya itu, lidah buaya juga terbukti dapat melebatkan dan membuat rambut berkilau. Tak heran kalau tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan sabun, sampo, dan berbagai produk kecantikan lainnya.

Selain memberikan manfaat yang besar secara luar, lidah buaya ternyata memiliki khasiat mengobati penyakit dalam. Utamanya masalah pencernaan dalam tubuh manusia yakni sembelit. Sembelit adalah kelainan pencernaan pengerasan tinja yang menyebabkan sulit dikeluarkan.

Penyakit ini memang terdengar sederhana, namun jika tidak diatasi lebih parah seperti ambeien. Selain itu, memang tidak baik jika mengalami kesulitan, mengeluarkan hasil ekskresinya. Hal itu karena tinja merupakan sampah tubuh yang jika ditumpuk terlalu lama akan menimbulkan penyakit.

Baca Juga:
API: Aku yang terbakar

Lidah buaya terkandung zat polisakarida yang dapat mengatasi masalah pencernaan. Kandungannya membantu tubuh untuk mencerna nutrisi dalam makanan dengan lebih sempurna sehingga gizinya bisa terserap maksimal. Selain itu, makromolekul ini juga membantu melunakkan tinja.

Pada dasarnya, lidah buaya memang baik untuk pencernaan secara keseluruhan. Terlebih jika di konsumsi secara teratur. Bukan sembelit saja, melainkan sejumlah masalah pencernaan lain, baik diare maupun tukak lambung. Sementara cara mengkonsumsinya dapat di buat kudapan. Mulai dari manisan, agar-agar, atau dibuat menjadi olahan minuman yang kental.

Pengolahannya pun terbilang mudah. Setelah dikupas semua bagian dari kulitnya, selanjutnya dibersihkan lendir yang melekat pada bagian daging atau dalamnya hingga benar-benar tak tersisa. Berikutnya tinggal di masak sesuai kehendak, kalau dibuat manisan tidak ubahnya membuat manisan buah. Demikian agar-agar dan jus, setelah dilarutkan hingga halus ditambah sejumlah bahan pendukung kemudian dibekukan atau diminum.

Walau cukup banyak mengandung manfaat, lidah buaya sebaiknya tidak dikonsumsi penderita gangguan ginjal, diabetes, jantung, dan tiroid.

Reporter/Foto: Aditya Eko P.
Sebelumnya Berikutnya