PETERONGAN - Layangan Sowangan adalah layang-layang yang ketika diterbangkan akan menghasilkan bunyi mirip kumbang mendengung. Layang-layang ini banyak dimainkan oleh warga Dusun Surobayan, Desa Tengaran, Kecamatan Peterongan.

Dengungan dari layang-layang dihasilkan dari tali berbahan strapping band tipis namun kuat yang diikatkan dengan sedemikian rupa pada bagian atas layang-layang. Tali tersebut biasanya diambil dari tali bekas packing kulkas berwarna putih, tips dan kuat.

Untuk membuat satu buah Layangan Sowangan, bahan utama yang harus disiapkan adalah bambu tua yang lurus. Untuk layang-layang sebesar 1,7 meter, panjang bambu (untuk sayap) yang dibutuhkan adalah sepanjang dua meter. Panjang yang sama juga dibutuhkan untuk tinggi keseluruhan layang-layang. Sementara untuk samak (pembentuk model layang-layang) bahan yang digunakan bisa menggunakan kantong plastik yang memiliki ketebalan cukup. Selain kantong plastik, bisa juga menggunakan parasit (untuk layang-layang berukuran besar).

Warga Dusun Surobayan, Desa Tengaran, Kecamatan Peterongan akan menaikkan Layangan Sowangan saat angin yang bertiup dari selatan ke utara. Karena dilengkapi dengan lampu-lampu kecil yang berkedip-kedip layang-layang ini menarik juga saat diterbangkan malam hari.

Foto/Video/Editing: Fitri
Sebelumnya Berikutnya