Demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19, pemerintah mengimbau masyarakat melakukan segala aktivitas sehari-hari di rumah. Menghabiskan waktu di rumah menjadi tantangan bagi sebagian orang, karena anggapan terbatasnya jenis kegiatan menghibur yang bisa dilakukan hanya di dalam rumah.

Tapi jangan salah, sebenarnya banyak kegiatan bermanfaat sekaligus menyenangkan yang bisa dilakukan dalam kondisi self-quarantine ini. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk menghibur diri dan mengisi waktu luang di rumah.

Baca Buku Favorit/Belum Tuntas

Kesibukan di luar rumah terkadang menjadi penghambat untuk membaca buku baru yang masih terkemas dengan baik atau sekedar niat untuk membaca kembali buku lama yang menjadi kesukaan. Nah! Inilah waktunya untuk melakukan kegiatan tersebut. Waktu luang yang tersedia di rumah akan menjamin kamu untuk menyelesaikan bacaan buku yang sebelumnya tersendat karena berbagai aktivitas yang tidak memungkinkan kamu untuk membaca buku.

Baca Juga: Jumat, 12 Juni 2020

Sesuai dengan yang dilansir dari thehealthy.com, selain mengasyikan, kegiatan membaca buku menjadi cara yang paling murah dan mudah untuk melatih fungsi otak dengan mengembangkan kemampuan daya ingat dan fungsi kognitif. Coba buka lemari buku di rumah dan lihat koleksi bukumu, ini saatnya bernostalgia dengan buku-buku kesukaanmu!

Jangan Malas Gerak, Ayo Olahraga!

Waktu lengang ketika mengisolasi diri di rumah bisa dimanfaatkan untuk olahraga. Banyak jenis olahraga yang tidak harus dilakukan di public gym, melainkan di rumah sendiri dengan memanfaatkan alat-alat olahraga sederhana yang terdapat di rumah.

Olahraga setiap hari cukup dengan durasi 15-30 menit sesuai dengan tujuan yang ingin kamu capai. Tidak usah terlalu memaksakan diri dengan sejumlah jenis olahraga yang berat, mulailah dengan tahapan yang masih ringan dan meningkat tiap harinya.

Seperti yang dikutip dari bustle.com, olahraga fisik yang dilakukan secara reguler akan meningkatkan jumlah hormon endorphin dalam tubuh yang bermanfaat untuk menahan rasa sakit, mengurangi kecemasan dan menciptakan perasaan euphoria.Olahraga pada waktu isolasi diri ini juga menjadi pembuktian untuk kamu yang ingin mengurangi berat badan namun terus beralasan tidak punya waktu loh!

Jelajah Kulineran dan Coba Masak Makanan Favoritmu

Menyantap makanan enak memang tidak bisa dipungkiri dapat meningkatkan mood seseorang jauh lebih tinggi. Tentunya hal ini bisa dilakukan sewaktu karantina karena akan lebih banyak waktu yang tersedia untuk mengeksplor dan mencicipi sejumlah makanan dan minuman yang dapat dibeli melalui kurir ojek online dengan mudah namun tetap mendukung program pemerintah.

Selain itu, kamu juga bisa mendukung UMKM dalam bidang makanan dan minuman yang pastinya sedang tertatih-tatih berjuang untuk bertahan dalam pandemi ini! Yuk, dukung industri lokal selama masa pandemi ini!

Memasak juga menjadi pilihan yang tepat untuk berhemat dan mengisi waktu senggang di rumah. Menjamurnya resep dan tutorial memasak yang beredar di internet bisa menjadi inspirasi awal untuk memulainya. Namun tetap jangan lupa jaga asupan makan agar tidak berlebihan ya!

Kumpulkan Film Favoritmu dan Mulailah Menonton

Semua orang pasti gemar menonton film, apapun genre-nya jika ditonton saat seperti ini rasanya akan jauh lebih menyenangkan. Menonton dapat dilakukan sambil rebahan dan menikmati cemilan di kasur dengan tenang.

Buatlah daftar film dan series yang sejak dulu ingin ditonton tetapi masih terkendala waktu. Ini saatnya untuk melakukan marathon film tanpa khawatir terhambat kegiatan di luar rumah yang memakan waktu.

Meskipun bisa memiliki waktu untuk menonton secara non-stop, pastikan menonton dengan menjaga jarak dan posisi yang aman dari layar ke mata. Perhatikan jam tidur juga, ya! Jangan sampai jadwal tidur berantakan hanya karena menonton series dan film secara terus-menerus.

Belajar Hal Baru dan Temukan Hobi Barumu

Kamu bisa mengembangkan bakat dan keterampilan serta menemukan hobi baru untuk dikerjakan dalam waktu isolasi diri ini. Ada banyak hal yang bisa dikembangkan dalam kondisi ini, seperti mencoba-coba alat musik yang di miliki.

Cobalah untuk memainkan lagu yang terdengar mustahil untuk kamu mainkan, namun dengan latihan yang disiplin dan konsisten. Maka dalam jangka waktu tertentu kamu akan menguasainya dengan baik. Begitu pula dengan hobi lain, tentukanlah target yang mungkin terlihat sulit untuk dicapai, kamu tidak akan menyangka seiring waktu karantina ini kamu sudah mencapai target tersebut.

Dengan fokus untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan, kamu seperti terlahir menjadi seseorang dengan lebih baik lagi selepas masa yang sulit ini.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Sebelumnya Berikutnya