Taspen Luncurkan Program Kios Warga Bantu Pensiunan PNS Berbisnis


NASIONAL – PT. Taspen (Persero) meluncurkan program Kios Warga yang menyasar kalangan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS). PNS yang menjadi nasabah Taspen, bisa memulai usaha atau membuka bisnis baru. Direktur Utama Taspen, Antonius N S Kosasih mengatakan program ini diluncurkan karena masih minimnya PNS yang memiliki rencana terhadap masa depan pensiunnya. Mengutip data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah pensiunan yang belum teredukasi mengenai rencana pensiun sekitar 93 persen.

Baca Juga: SDN Rejoagung Ploso Pencetak Juara Olimpiade

Ia menjelaskan hingga saat ini setidaknya ada sekitar 6,8 juta nasabah Taspen. Sementara 2,7 jutanya adalah pensiunan. Sehingga, potensi program tersebut masih akan sangat besar jika disosialisasikan lebih luas lagi. Program ini didukung oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, berupa bantuan pembiayaan dan penyediaan produk UMKM unggulan binaan BRI.

Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto mengatakan pensiunan merupakan salah satu stakeholder yang ada di BRI. Setidaknya ada 989 ribu atau sekitar 34 persennya yang terhubung dengan Taspen. Dengan begitu, BRI berharap dukungan terhadap program ini bukan saja membantu nasabah terkait, namun bisa semakin memajukan UMKM dengan kolaborasi berbagai pihak.

Sumber/Rewrite: Kumparan.com/Tiyas Aprilia