Membangun karir pada masa pandemi Covid-19 bukanlah hal yang mudah. Ada begitu banyak ketidakpastian, baik dari segi keuangan maupun pekerjaan, yang bisa membuat kita merasa terombang-ambing dan putus asa.

Namun, di tengah era serba tidak pasti ini, tetap ada peluang untuk bisa mencapai kesuksesan karir. Ini adalah momen yang menarik bagi anak muda dengan ambisi yang kuat. Bila memiliki kemampuan, sikap, dan etos kerja yang tepat, Anda bisa bekerja untuk siapa saja, di mana saja, terlepas dari domisili Anda. Optimistis dengan peluang karir bagi perempuan pada new normal.

Berikut Majalah Suara Pendidikan berbagi tips mengenai hal-hal yang bisa dilakukan untuk menyusun rencana karir di tengah pandemi.

Berfokus Pada Apa yang Bisa Anda Kontrol

Dalam masa pandemi Covid-19, ada begitu banyak hal yang berada di luar kendali kita. Tidak bisa mengontrol kapan pandemi usai dan memprediksi kondisi keuangan dunia. Daripada berfokus untuk hal tersebut, lebih baik melakukan sesuatu yang membuat lebih dekat dengan tujuan karir kita. Seperti fokus pada diri sendiri. Cobalah untuk berhenti berpikir terlalu banyak mengenai apa yang telah terjadi maupun apa yang bisa terjadi di masa depan.

Baca Juga: Pendidikan Diniyah Terkendala Membaca Huruf Pegon

Kembangkan Kekuatan Mental

Usahakan untuk membangun kekuatan mental anda. Seperti memandang segala hal sebagai kesempatan untuk belajar. Kita perlu lebih banyak memikirkan mengenai progres, daripada terus memusingkan mengenai kegagalan yang dialami.

Berhenti menyalahkan diri sendiri jika berhadapan dengan hal yang tidak menyenangkan. Misal, harus menjalani pemutusan kontrak kerja atau bekerja dalam industri yang kesulitan di tengah pandemi. Jangan menyalahkan diri sendiri, karena hal tersebut berada di luar kontrol kita. Anda tetaplah seseorang yang memiliki kemampuan untuk bisa diterapkan di tempat lain. Tetaplah menjadi kuat dan kembalilah dengan kekuatan dan tekad yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Jangan Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Kita punya kecenderungan untuk membandingkan kualitas terendah yang dimiliki, dengan kualitas terbaik orang lain. Hal tersebut semakin buruk saat kita sedang berada di titik terendah. Untuk mengatasi masalah ini, harus membulatkan tekad untuk berusaha menjadi lebih baik lagi. Daripada membandingkan diri dengan orang lain, lebih baik kita membandingkan diri kita saat ini dengan diri kita kemarin.

Selain itu, berusaha menyikapi segala hal secara positif. Menjadi positif tidak berarti harus bahagia setiap saat. Bersikap positif adalah ketika Anda tahu bahwa hari-hari baik akan datang, sekalipun tengah mengalami hal buruk saat ini. Agar bisa menjaga pemikiran positif dan pola pikir yang tepat untuk memajukan karir, kita bisa mendekatkan diri dengan orang-orang yang menginspirasi dan memotivasi.

Usahakan Untuk Menonjol dengan Soft Skill

Bila ingin berhasil di dunia kerja, perlu mengasah hard skill sekaligus soft skill. Terutama di era pandemi yang membuat kita lebih banyak berinteraksi secara virtual. Saat seperti ini, soft skill menjadi hal yang krusial bagi karir dan kemampuan bekerjasama. Untuk itu berusahalah menerapkan soft skill tersebut dengan baik. Misal, ketika melamar pekerjaan baru. Usahakan untuk menunjukkan kualitas yang baik, seperti bersikap optimistis, proaktif, mampu menyelesaikan masalah, hingga menunjukkan empati kepada rekan kerja.

Pererat Hubungan dengan Relasi

Terakhir, kita juga bisa menyusun rencana baru di dunia kerja dengan mencari bantuan dan saran kepada orang lain. Kita dapat melakukannya melalui beberapa cara, termasuk menjaga hubungan dengan relasi maupun keluarga. Selain itu, juga bisa mencoba masuk ke komunitas industri yang diinginkan, menggunakan media sosial, serta memaksimalkan fitur dari situs seperti LinkedIn.

Di luar itu, jika merasa membutuhkan saran karir atau mentor baru, cobalah untuk menghubungi seseorang yang memiliki jabatan atau pengalaman di atas Anda. Bisa jadi, mereka memiliki solusi yang tepat dan tidak ragu dalam menolong Anda.

Sumber/Rewrite: Kumparan.com/Tiyas Aprilia
Lebih baru Lebih lama