TK Al Asfiyah Bedahlawak Tembelang Padukan Keagamaan dan K13


TEMBELANG - Kepala TK Al Asfiyah Bedahlawak Tembelang, Umi Hanik Muchasanah, S.Psi menjelaskan, “Pembiasaan kegiatan-kegiatan keagamaan dimasukkan diantara materi pembelajaran wajib yang diajarkan pada anak didik. Setiap pagi, setelah berbaris dan senam bersama guru akan membimbing anak didik untuk melakukan pembiasaan kegiatan keagamaan. Setiap hari kegiatannya berbeda-beda dan sudah diberikan jadwal masing-masing. Seperti Senin waktunya hafalan doa salat, Selasa membaca surat-surat pendek (surat dari Alquran juz 30), Rabu doa-doa harian, Kamis hadis-hadis pendek, Jumat praktik wudu dan salat. Sabtu digunakan untuk mengulang materi yang diperlukan. Disamping itu juga pembiasaan membaca Asmaul Husna.”

Meski menonjolkan pembiasaan kegiatan keagamaan, TK yang berdiri sejak tahun 2012 ini tetap menerapkan kurikulum yang berlaku saat ini. Dipadukan dengan pemanfaatan teknologi yang meski masih secara sederhana namun berhasil minat anak didik untuk fokus dalam pembelajaran.

“Pada waktu-waktu tertentu kami mengajak anak didik observasi dan bereksperimen kemudian melihat video-video yang ditayangkan melalui LCD proyektor. Setelahnya kami ajak mereka diskusi mengenai nilai-nilai apa yang bisa mereka ambil usai melaksanakan kegaiatan tersebut,” tambah Umi Hanik Muchasanah.

Berita/Editing: Fitri