KB Mardi Utomo Wonosalam Melatih Kemandirian Sedari Dini


JOMBANG - Lirik lagu dengan judul Bangun Tidur tak asing di telinga anak usia dini, utamanya dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Lagu karya Soerjono atau yang kerap disapa Pak Kasur ini menjadi salah satu inspirasi guru Kelompok Bermain (KB) Mardi Utomo tentang kemandirian.

Kemandirian menjadi landasan utama untuk dikembangkan dalam setiap kegiatan pembelajaran. Beragam kemampuan yang dimiliki anak didik pun diapresiasi. Ditambah kepedulian untuk berbagi kepada sesama.

Baca Juga: TK Dharma Wanita Kebonagung Ploso Membiasakan Berbahasa Jawa

Kepala KB Mardi Utomo, Yayuk, S.Pd. menjelaskan, “Kemandirian juga tetap kami terapkan meski pembelajaran di rumah akibat pandemi Covid-19. Pelaksanaan tersebut tentu melibatkan wali anak didik sebagai pengganti kami. Cara bekerjasama dengan orang tua ini, justru membentuk anak didik bertanggungjawab pada tugasnya meski tak kami awasi secara langsung.”


Yayuk juga menambahkan dalam penerapan belajar di rumah, pihaknya menyiapkan ulasan materi dari buku pedoman. Buku tersebut setiap satu minggu sekali dikumpulkan melalui dokumentasi foto. Wali anak didik mengirim dokumentasi tersebut ke lembaga melalui aplikasi grup WhatsApp.

“Koordinasi dan konsultasi lebih intens kami terapkan. Walau penerapan tersebut sudah dilakukan sejak awal masuk sekolah. Tetapi dengan kondisi saat ini yang mewajibkan belajar di rumah, wali anak didik merasa begitu beruntung. Lantaran mendapatkan kesempatan melihat setiap perkembangan buah hatinya,” tutur Yayuk.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y./Istimewa
Powered by Blogger.