Mengenal Lebih dalam PJOK


Judul : Paham Bersama PJOK

Penulis : D. Suwandono

Penerbit : CV. Ainun Media

Tahun Terbit : 2020

ISBN : 978-623-93039-2-1

Halaman : iv + 177 halaman.

Meski pelajaran Pendidikan Jasmani Olah raga dan Kesehatan (PJOK) di sekolah banyak diajarkan di luar kelas dengan persentase hampir 90 persen praktik, namun bukan berarti pelajaran ini tidak memerlukan teori. Justru keberadaan teori akan lebih melengkapi khazanah keilmuan PJOK.

Dalam buku ini, pembaca akan terlebih dulu diajak memahami kembali dasar PJOK. Dimulai dari secara definisi, asal nama, dimensi, hingga hakikat yang membentuk PJOK menjadi kegiatan pembelajaran yang hadir di lembaga pendidikan.

Penulis menyoroti muncul banyaknya kesalahan dan pandangan sebelah mata terhadap PJOK. Padahal mata pelajaran ini telah memiliki prinsip-prinsip serta hierarki yang harus dipahami untuk bisa mewujudukan kesehatan yang maksimal kepada peserta didik.

Baca Juga: Wiwin Isnawati Istri Wakil Bupati Juga Melakoni Usaha Tani

Selama ini, banyak guru PJOK yang menekankan pembelajaran mengenai cabang olah raga tertentu. Misalkan bola voli, bola basket, atau lompat jauh. Padahal dalam PJOK terdapat banyak unsur yang harus diperhatikan. Kunci dari PJOK adalah melakukan gerak fisik memenuhi kebutuhan tubuh untuk bergerak, sehat, bugar, dan sehat, dan segar sesuai dengan apa yang telah ditentukan.

Disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan memberikan gambaran situasi dan kondisi secara nyata, membuat pembaca bisa segera memahami penjelasan yang dimaksudkan oleh penulis. Dilengkapi dengan ilustrasi sedikit membantu pembaca untuk tidak terlalu lelah membaca penjelasan dan uraian yang disampaikan penulis.

Penyampaian materi yang tersusun cukup sistematis sejak dari pandangan umum, definisi, hakikat, prinsip, hingga hubungan PJOK dengan hal-hal lain membuat pembaca bisa mengikuti alurnya tanpa kehilangan alur pemahaman. Pembaca juga bisa dengan nyaman memahami setiap lembar penjelasan karena disampaikan secara runtut.

Meski secara tersirat buku ini diperuntukkan bagi guru PJOK, namun nyatanya buku ini bisa dibaca oleh siapa pun yang ingin memahami mengenai mata pelajaran yang menjadi favorit bagi sebagian orang karena dilakukan di luar ruangan dan menyenangkan. Bagi guru, buku ini bisa menjadi referensi tambahan dalam kegiatan pembelajaran.

Bagi peserta didik, buku ini bisa digunakan untuk memahami apa tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran PJOK. Sementara bagi masyarakat umum, bisa memberikan pengetahuan bahwa sebenarnya pembelajaran PJOK juga memiliki kerumitan serta kepentingan yang setara dengan mata pelajaran lain.

Satu-satunya hal yang membuat kurang nyaman dalam membaca buku ini hanyalah mengenai tata letak, desain, dan beberapa bentuk kesalahan penulisan. Hal ini bisa disiasati pada proses editing dan lay-outing yang lebih rapi lagi.

Peresensi: Fitrotul Aini
Powered by Blogger.