Pemerintahan Presiden Joko Widodo menginisiasi kebiasaan baru dalam merayakan hari kemerdekaan yang diperingati setiap 17 Agustus. Pemerintah mengajak seluruh masyarakat tetap ikut serta dalam memperingati kemerdekan RI ke 75 namun lebih banyak menitikberatkan pada aktivitas-aktivitas virtual.

Pelaksanaan Upacara (Di Istana Negara)

Terdapat 3 orang anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera merah putih. Petugas diambilkan dari Paskibraka 2019 yang tidak naik (cadangan). Karena di tahun 2020 tidak ada rekrutmen petugas Paskibraka. Semua komponen yang terlibat pada saat upacara bendera akan tetap hadir, namun pesertanya terbatas. Para tamu undangan dipersilahkan mengikuti jalannya acara secara virtual.

Baca Juga: Juara I OSN IPS Kabupaten Jombang Berawal dari IPA, Berprestasi di IPS

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Lagu indonesia raya Ini diperkirakan akan dinyanyikan pukul 10.15 WIB. Karenanya ada sirine pengingat yang dibunyikan pada pukul 10.00 WIB. Masyarakat di tempat masing-masing diharapkan menghentikan aktivitasnya sejenak dan berdiri tegak serta secara khidmad menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama. Kebiasaan ini diharapkan akan dilakukan seluruh masyarakat Indonesia saat menyanyikan lagu Indonesia Raya pada waktu upacara memperingati Kemerdekaan Indonesia seterusnya.

Perlombaan Virtual

Pemerintah menggelar lomba menghias kampung untuk menyemarakkan HUT ke-75 RI. Masyarakat bisa mengirim hasil karya melalui video ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnutama Kusubandio, mengatakan, “Kami akan mempersiapkan lomba video digital bagaimana merayakan 17 Agustus saat ini sambil menunjukkan keindahan, keaslian, kreativitas wilayah dan lingkungan kita pada saat yang bersamaan.” Akan ada tim verifikasi atau juri yang bertugas menilai sisi kreatif yang ditunjukkan di video tersebut.

Desain/Olah Data: Aditya Eko P.
Sebelumnya Berikutnya