JOMBANG – Masjid saat ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat melakukan ibadah salat berjamaah semata. Melainkan bisa berkembang dengan memberikan kegiatan-kegiatan atau pelayanan yang membawa manfaat pada jamaah dan masyarakat.

Sebagai masjid yang menjadi salah satu tujuan sekaligus pusat kegiatan keagamaan di Kabupaten Jombang, Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang selalu berupaya memberikan dan mengadakan kegiatan yang bermanfaat.

Tidak hanya yang bersifat ibadah melainkan juga siraman rohani seperti pengajian hingga yang terbaru Masjid Agung Baitul Mukminin meluncurkan program yakni Mualaf Center dan Badan Konseling (BK) Sakinah Mawadah Warohmah.

Setiap satu bulan sekali, Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang memberikan satu forum khusus bagi para mualaf untuk mendalami Islam.

Ketua Takmir Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang, Drs. H. Harly Yusuf Wibisono, M.MPd menjelaskan, kedua program ini hadir sebagai pengembangan pelayanan oleh takmir masjid.

Seringnya Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang menerima permintaan masyarakat untuk dijadikan tempat berikrar masuk Islam (menjadi mualaf) memunculkan dorongan untuk menyediakan wadah dan memfasilitasi para mualaf tersebut untuk belajar dan mendalami Islam lebih baik.

“Selama ini kita hanya mendampingi dan membimbing saat ikrar mualaf. Kemudian memberikan penjelasan singkat mengenai konsep iman dan kewajiban-kewajiban yang harus dijalani sebagai seorang muslim. Setelahnya mereka harus belajar sendiri. Padahal seharusnya dalam melaksanakan tugas sebagai muslim, mereka harus belajar pada sumber yang kredibel. Apalagi untuk belajar membaca Alquran hingga memaknai isinya,” papar Harly Yusuf Wibisono.

Baca Juga: Nadzira Qurbah Sholihah Raih Juara Bersama Mama


Pria yang juga berprofesi sebagai guru ini mengungkapkan, ternyata para mualaf banyak tersebar di tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang. Sudah sepatutnya mereka dikumpulkan untuk selanjutnya dibina agar keislaman mereka semakin kuat dan tangguh.

“Dari situ akhirnya muncul ide pembentukan Mualaf Center. Untuk memfasilitasi para mualaf belajar agama Islam lebih dalam,” tambah Harly Yusuf Wibisono.

Diagendakan setiap satu bulan sekali, Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang memberikan satu forum khusus bagi para mualaf untuk mendalami Islam. Selain dalam forum khusus, Takmir Masjid Baitul Mukminin Jombang juga memfasilitasi pengiriman narasumber jika Forum Mualaf di tingkat kecamatan ingin mengadakan kegiatan sendiri.

Ketua Forum Mualaf Kabupaten Jombang, Samidi sangat bersyukur dengan dibentuknya Mualaf Center oleh Takmir Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang. Dengan begitu, dirinya dan teman-teman mualaf yang lain memiliki rumah dimana mereka bisa belajar bersama-sama tentang Islam.

“Selama ini jika belajar sendiri atau jika langsung praktik dan berbaur dengan masyarakat banyak sungkan (malu). Seperti ketika salat jamaah di masjid atau musala. Saat wudu gerakan seingatnya asal anggota tubuh basah. Kemudian ketika salat lebih sering memilih di barisan paling belakang karena malu kalau salah,” ungkap Samidi sembari terkekeh.

Kendati sudah menjadi mualaf lebih dari 35 tahun, Samidi masih ingin belajar lebih dalam lagi mengenai Islam. Ilmu-ilmu dasar seperti wudu dan salat yang sesuai syariat serta membaca Alquran, pemahaman dan pengaplikasian Rukun Islam serta Iman adalah hal yang ingin sekali dipelajari dengan benar. Hal itu juga yang dirasakan dan menjadi keinginan dari teman-teman mualaf lainnya.

Sementara itu program BK Sakinah Mawadah Warohmah dihadirkan untuk memberikan konseling terhadap permasalahan keluarga. Permasalahan tersebut tidak hanya menyangkut mengenai hubungan antara suami dan istri melainkan pada keluarga secara umum. Bisa juga mengenai perbedaan pendapat antar anggota keluarga, permasalahan dengan anak, konflik keuangan, atau permasalahan yang lainnya.

BK Sakinah Mawadah Warohmah juga bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang dalam program pembimbingan persiapan pernikahan bagi pasangan yang akan menikah. Program pembimbingan persiapan pernikahan dilakukan selama dua hari dan diikuti oleh kedua mempelai.

“Harapan hadirnya BK Sakinah Mawadah Warohmah ini sudah tentu ingin menciptakan keluarga di Jombang yang damai. Mampu menangani permasalahan dengan baik, tidak sampai pada keputusan berpisah atau bercerai,” harap Harly Yusuf Wibisono.

Untuk mendapatkan layanan BK Sakinah Mawadah Warohmah, masyarakat bisa datang ke Sekretariat Masjid Agung Baitul Mukminin. Oleh takmir atau pengurus sekretariat selanjutnya akan dijadwalkan bertemu dengan konselor yang berasal dari para pengurus masjid.

KH Yusuf Harly Wibisono, KH. Ahmad Nurul Fuad, DR. KH Emi Chulaimi, KH. Jawahirul Ulum dan H. Didin Ahmad. Kemudian KH. M Rijalul Fikri, KH. A Roziki, Lc, KH. Amirul Arifin, Hj. Fauziyah Masyhari dan Hj. Aisyah Baidlowi merupakan jajaran konselor yang siap membantu masyarakat yang datang berkonsultasi pada BK Sakinah Mawadah Warohmah, Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini/Istimewa

Sebelumnya Berikutnya