JOMBANG – Undang-undang Dasar 1945, Pasal 31 Ayat 1 menerangkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Tak terkeculi juga untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), dari jenjang pra-sekolah hingga berkelanjutan.

Oleh karena itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang berupaya dalam memperkuat pelaksanaan PAUD Inklusif di Kota Santri dengan mengadakan Workshop PAUD Inklusif pada (11-12/10) di Aula 3 Disdikbud Kabupaten Jombang bersama 35 PAUD yang telah menjalankan pendidikan inklusif di lembaganya.

Ketua Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Inklusif Jawa Timur, Salis Mustaqim, M.Psi.,CHt.,C NNLP yang di dapuk menjad narasumber menuturkan, PAUD Inklusif pada ABK memegang peranan penting dalam membangun keberadaannya secara sebenarnya. ABK akan belajar serta berkembang dengan keistimewaan yang dimiliki.

PAUD Inklusif pada ABK memegang peranan penting dalam membangun keberadaannya secara sebenarnya. ABK akan belajar serta berkembang dengan keistimewaan yang dimiliki.

“Di PAUD Inklusif sangat ditekankan pada pemetaan ABK, sehingga dapat tepat dalam merancang pembelajaran, menyiapkan sumber daya, membagi peran/tugas guru, monitoring hingga evaluasi,” terang Salis Mustaqim.

Dengan begitu, imbuh Salis, akan tampak jelas skala prioritas penanganan dan program yang akan dijalankan. Ketika keseluruhannya dijalankan sesuai dengan ritme dari perencanaan hingga evaluasi, maka ABK akan memperoleh pendidikan optimal dalam PAUD Inklusif.

Baca Juga: Perdana Hayuning Wijaya Berkat Ayah Menjadi Juara

TK Inklusif Roudhotul Hikmah, Kecamatan Diwek merupakan salah satu lembaga yang konsentrasi memberikan pendidikan kepada ABK sejak 2005. Diakui oleh Kepala TK Inklusif Roudhotul Hikmah, Vita Iswahyuni, S.Psi. bahwa ABK tak sekedar menfasilitasi dan terpenuhi pendidikannya. Melainkan secara merenik memikirkan kurikulum yang tepat dan sesuai sebagai bingkai menjalankan pendidikan inklusif untuk usia PAUD.

“Ditambah adanya pelatihan Individual Learning Program yang diberikan Disdikbud Kabupaten Jombang yang di dalamnya ada program pembelajaran indvidu untuk menyusun program pembelajaran sesuai keistimewaan ABK. Jelas sangat membantu dalam memberikan pendidikan yang pas dan menyederhanakan kurikulumnya,” tutur Vita Iswahyuni.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Lebih baru Lebih lama