JOMBANG – Kelompok Kerja Guru (KKG) SD (Sekolah Dasar) Kecamatan Kabuh menggelar peningkatan kompetensi IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Acara yang bekerjasama dengan Tim Laboratorium IPA Jombang ini diikuti 20 guru SD.

Sebagai pendidikan tingkat dasar, SD merupakan bagian yang sangat potensial dalam pengembangan pemahaman tersebut. Acara yang digelar selama tiga hari ini dimulai pada Rabu (11/11) di Laboratorium IPA Jombang.

Meski jenjang SD belum mengembangkan praktik IPA layaknya pada materi pelatihan, tetapi seluruh guru tak asing jika diminta untuk melakukan pengembangan inovasi pada mata pelajaran tersebut.

Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Kabuh, Arifin, S.Pd. mengemukakan, “Kami menginginkan seluruh guru jenjang SD lebih fleksibel menempatkan diri ketika mendapat tugas mengajar di seluruh kelas. Hal ini sebagai kesiapan guru untuk siap mengajar di kelas bawah dan kelas atas.”

Narsumber dari Laboratorium IPA Jombang, Samsul Ma’arif, S.Pd., M.Pd. menjelaskan, sajian materi praktik pada uji zat makanan pada bahan makanan bertujuan untuk dapat menguji kandungan zat tepung pada bahan makanan.


Baca Juga: Indonesia Bonus Demografi, Tantangan Pemuda Semakin Besar


Selanjutnya jika mengulas tentang tujuan yang dikembangkan dalam energi alternatif ialah guna membangkitkan energi listrik dari berbagai buah dan umbi. Selain itu peserta diajak untuk mengukur tegangan atau voltage yang dihasilkan oleh buah serta umbi dan elektroda tunggal maupun rangkaian seri.

Arifin menandaskan, meski jenjang SD belum mengembangkan praktik IPA layaknya pada materi pelatihan, tetapi seluruh guru tak asing jika diminta untuk melakukan pengembangan inovasi pada mata pelajaran tersebut.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Lebih baru Lebih lama