PERAK – Belum berakhirnya pandei Covid-19 di negeri ini, tak lantas mengungkung dan menghentikan kreatifitas Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Jombang dalam memberikan warna tersendiri pada peringatan Hari Kartini tahun 2021. Malah dengan situasi semacam ini, Himpaudi Kabupaten Jombang terus memunculkan inovasi agar dapat menyelenggarakan kegiatan yang sangat positif terhadap perkembangan belajar anak didik.

Dijelaskan oleh Seksi Organisasi, Himpaudi Kabupaten Jombang, Noviana Adriyani meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19 tak mengurangi semarak peringatan Hari Kartini. Hanya saja memang terdapat mekanisme yang mesti disesuaikan serta berubah berdasarkan protokol kesehatan yang berlaku.

Kali ini kami mengadakan Apresiasi Mewarna Mama Mia yang melibatkan anak didik dengan ibunya. Seleksi di tiap kecamatan bila sebelumnya dilaksanakan serentak di satu tempat yang sama, sekarang cukup dari rumah masing-masing.

“Kali ini kami mengadakan Apresiasi Mewarna Mama Mia yang melibatkan anak didik dengan ibunya. Seleksi di tiap kecamatan bila sebelumnya dilaksanakan serentak di satu tempat yang sama, sekarang cukup dari rumah masing-masing. Kemudian dihimpun oleh panitia di tiap kecamatan dan diseleksi oleh juri,” terang Noviana Adriyani.

Baca Juga: Masjid Pendidikan Diresmikan

Selain itu agar menghindari kecurangan, ketika anak didik mewarna juga perlu di dokumentasikan berupa video. Hal ini menjadi pertimbangan juri juga mengenai proses pengerjaannya.

Perubahan pola penyelenggaraan ini diakui Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqowardani sebagai langkah awal masuk dalam fase kehidupan baru yang berbarengan dengan pandemi. Oleh karenanya, dari yang terbaik di kecamatan, akan kembali di adu di tingkat kabupaten secara langsung. Dengan demikian, pembatasan pertemuan di satu lokasi yang sama bisa diantisipasi.



Tita Aniqowardani mejelaskan, “Terpenting adalah ada stimulus untuk berdaya dan berkarya pada anak didik. Selain itu hadiah yang di raih pun tidaklah sekadar piala, melainkan ada uang pembinaan dari perbankan yang bekerjasama dengan Himpaudi Kabupaten Jombang sebagai penyuntik motivasi belajar anak didik.”

Rencananya ajang final akan diselenggarakan di Aula 1 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang. Tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan ketat pada Selasa (3/4).

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y./Dok.MSP

Lebih baru Lebih lama