NGORO – Terhitung setahun telah berlalu, aktivitas pendidikan terhenti akibat penyebaran virus Covid-19. Walaupun begitu, bagi SDN Genukwatu IV, Kecamatan Ngoro, kejadian sebagai momentum berbenah dan mempersiapkan tahun pelajaran baru yang akan datang.

Sejuah ini motivasi penguatan pendidikan keagamaan tak semata secara tutur kata. Melainkan ditunjukkan pula oleh rekan guru lainnya melalui perbuatan nyata.

Diantaranya adalah penguatan pendidikan keagamaan yang sudah berlangsung sebelum pandemi Covid-19 menghentikan skema pendidikan tatap munka yaitu dengan Muatan Lokal (Mulok) Keagamaan dan Diniyah. Cara yang dilakukan oleh SDN Genukwatu IV adalah dengan pendirian musala. Keberadaan musala dianggap sebagai poros pembelajaran muatan keagamaan tersebut.

Baca Juga: Wacana Komisi X DPR RI, Guru Honorer 10 Tahun Jadi PNS

Kepala SDN Genukwatu IV, Jikan, S.Pd. menjelaskan, “Adanya musala akan menjadi kesempatan peserta didik dalam mengaktualisasikan hasil pembelajarannya. Tidak menutup kemungkinan, masyarakat di sekitar sekolah pun dapat terlibat langsung.”



Selain itu para guru juga mendukung sepenuh hati. Bukan sekadar guru mulok keagamaan atau diniyah saja. Melainkan seluruh guru terlibat aktif dalam penguatan keagamaan peserta didik, imbuh Jikan. Mereka tak segan langsung melakukan sendiri tanpa harus diminta. Seakan sudah ada inisiatif dan kesadaran sendiri guna melakukannya.



Guru kelas V, SDN Genukwatu IV, Eny Suprapti S.Pd menilai, sejuah ini motivasi penguatan pendidikan keagamaan tak semata secara tutur kata. Melainkan ditunjukkan pula oleh rekan guru lainnya melalui perbuatan nyata.



Eny Suprapti mengatakan, “Kami juga tak lupa dalam Belajar di Rumah (BDR) melalui jaringan daring mengingatkan peserta didik guna menguatkan akhlaknya sebagaimana yang tercermin pada karakter budaya Timur. Untuk itu diharapkan kedepannya semakin memacu peningkatan peserta didik baru di tahun pelajaran 2021/2022.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Prestasi SDN Genukwatu IV Ngoro

1. OSN IPA mewakili Kecamatan Ngoro Tahun 2018.

2. Juara I Banjari tingkat Kecamatan Ngoro 2017.

3. Juara I MTQ dan mewakili Kecamatan Ngoro ke tingkat Kabupaten 2017.

Lebih baru Lebih lama