MEGALUH - Prestasi yang diraih peserta didik di sekolah memang suatu kebanggan. Selain itu menjadi bukti bahwa proses pembelajaran yang berlangsung mencapai keunggulan tersendiri. Sebab raihan prestasi tersebut tak ubahnya sebuah bonus.

SDN Kedungrejo Megaluh buktinya, meski berada di kawasan pinggiran Kabupaten Jombang tak kemudian menciutkan angannya untuk meraih lebih baik. Selain terus mendorong segenap peserta didiknya mencapai hasil pembelajaran akademik maupu non-akademik semakin lebih baik. Tak luput juga pengembangan kompetensi juga dilakukan oleh seluruh guru.

Guru Kelas I, SDN Kedungrejo Megaluh, Suratin, S.Pd. mengungkapkan bahwa raihan prestasi peserta didik memang tak didapatkan secara sekejab. Dibutuhkan proses yang panjang guna menempa kemampuan peserta didik agar matang secara keseluruhan.

Keberhasilan ini memang tak lepas dari suasana yang dibangun di lingkungan sekolah. Tidak ada yang paling dominan, semua mendapatkan tanggungjawab serta dibantu oleh rekan-rekan sebayanya. Kemudian selalu menjalin komunikaisi yang apik dengan wali peserta didik.

“Diimbangi pula dengan kelengkapan sarana prasarana penunjang. Di SDN Kedungrejo Megaluh selalu mengedepankan kebutuhan peserta didik, sehingga dengan begitu akan mampu bersinergi dengan pembelajaran mereka,” ungkap Suratin.

Baca Juga: Deteksi Dini Potensi Anak Bisa Optimalkan Prestasi

Kesimbangan prestasi perserta didik di SDN Kedungrejo Megaluh tak lain guna mewadahi keseluruhan kemampuan peserta didik. Diakui oleh Guru Kelas V, SDN Kedungrejo Megaluh, Dhanang Sulistiono, S.Pd bahwa ada peserta didik yang memiliki keunggulan di bidang akademik, selebihnya di sisi non-akademik. Kesemuanya harus dimediumisasi agar tidak sia-sia kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik.

Dhanang Sulistono menjelaskan, “Cukup banyak variasi aktivitas non-akademik yang dapat diikuti peserta didik. Dari teater, tari, hadrah, bahkan drumband. Jadi, peserta didik bisa memilih sesuai dengan bakat dan minat. Kemudian diasah agar lebih baik seraya mampu mendulang prestasi.”



Kepala SDN Kedungrejo Megaluh, Santi Ulfayantie, S.Pd.SD mengakui bila keberhasilan ini memang tak lepas dari suasana yang dibangun di lingkungan sekolah. Tidak ada yang paling dominan, semua mendapatkan tanggungjawab serta dibantu oleh rekan-rekan sebayanya. Kemudian selalu menjalin komunikaisi yang apik dengan wali peserta didik. Sehingga terjadi hubungan dua arah yang saling mengisi dan mendukung.



“Keguyuban di SDN Kedungrejo Megaluh sangat terasa. Meskipun saya terbilang baru, seluruh rekan-rekan mampu menerima dengan baik. Demikian wali peserta didik yang memberikan banyak masukan positif. Diantaranya menggiatkan kegiatan keagamaan setelah Pembelajaran Tatap Muka (PTM) diberlakukan, seiring memasuki bulan Ramadan 1442 Hijriah juga,” katanya.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Profil SDN Kedungrejo Megaluh

a. Tahun Berdiri : 1963

b. Akreditasi : B

c. Jumlah Peserta Didik : 188 peserta didik

d. Jumlah Guru : 13 guru

e. Ekstrakurikuler : Tari, Komputer, Hadrah Olahraga

f. Prestasi :

1. Juara Umum Pesta Siaga dan Penggalang Kecamatan Megaluh (2018-2020)

2. Juara I Renang Se Kecamatan Megaluh Tahun 2019

3. Juara I Atletik Kids Tahun 2020

Lebih baru Lebih lama