JOMBANG – Ramadan ibarat bulan memanen berkah. Sehingga banyak yang berlomba melakukan kebaikan di bulan yang suci ini. Hal ini pun dilakukan oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidikan Anak Usia Dini Indoensia (Himpaudi) Kabupaten Jombang melalui tiap-tiap kecamatan.

Diungkapkan oleh Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqowardani bahwa kegiatan berbagi di bulan Ramadan 1442 Hijriah ini dilaksanakan oleh Himpaudi kecamatan masing-masing mengingat masih dalam situasi bahaya Covid-19, sehingga tidak dapat terpusat di kabupaten.

Diawali dengan Khotmil Quran yang dilaksanakan secara virtual, kemudian bersama Koordinator Wilkerdik Kecamatan Perak dan Penilik PAUD PNF membagikan sekitar 200 porsi takjil. Harapannya, mampu menjadi manfaat dan berkah bagi semuanya.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan teman-teman di kecamatan. Seperti di Kecamatan Perak dan Ploso yang melakukan pembagian takjil kepada pengguna jalan,” ungkap Tita Aniqowardani.

Baca Juga: Inilah Penyebab Lupa Hingga Gagal Ingat Peserta Didik

Di Kecamatan Perak dilangsungkan dua kali, bertempat di halaman kantor Wilayah Kerja Pendidikan (Wilkerdik) Kecamatan Perak. Dijelaskan oleh Ketua Himpaudi Kecamatan Perak, Aslihatul Mahmudah, kegiatan berbagi takjil sudah masuk dalam program kerja Himpaudi Kecamatan Perak. Selanjutnya dikolaborasikan dengan pelbagai pihak yang berkenan mendukung.



“Diawali dengan Khotmil Quran yang dilaksanakan secara virtual, kemudian bersama Koordinator Wilkerdik Kecamatan Perak dan Penilik PAUD PNF membagikan sekitar 200 porsi takjil. Harapannya, mampu memberikan manfaat dan berkah bagi semuanya,” ungkap perempuan yang baru setahun terakhir ini menjadi Ketua Himpaudi Kecamatan Perak.



Tidak jauh berbeda, Himpaudi Kecamatan Ploso pun melangsungkan kegiatan yang sama. Sebanyak 100 porsi takji dibagikan di Jalan Raya Bawangan Ploso. Dihadiri oleh 23 anggota Himpaudi Kecamatan Ploso besaerta Koordinator Wilkerdik berserta Penilik PAUD PNF setempat.



Ketua Himpaudi Kecamatan Ploso, Alvi Dwi Pratuti mengakui kegiatan semacam ini mampu memperet rasa simpati dan tolong menolong antarsesama. Sehingga setiap person yang terlibat dapat mengambil hikmahnya. Bukan semata kemeriahan dan semaraknya saja.



Alvi Dwi Praturi mengatakan, “Sangat berharap kegiatan yang baik ini dapat dilaksanakan secara berkala setiap Ramadan tiba. Selain mampu berbagi bersama dengan yang lain, tentunya semakin melekatkan rasa persaudaraan insan pendidikan di sini.”

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

Lebih baru Lebih lama