Peserta didik SDN Kepuhkembeng I Peterongan, saat melakukan kegiatan perpisahan sekolah. (ist)


PETERONGAN – Meskipun masa liburan, tidak menjadikan aktifitas di SDN Kepuhkembeng 1 Kecamatan Peterongan menjadi sepi. Ketika Majalah Suara Pendidikan datang ke sekolah tersebut pada (28/6) serangkaian kesibukan pun tampak jelas.

Berprestasi adalah bonus dalam menempuh pendidikan. Meskipun begitu sekolah turut memberikan andil yang luar biasa dalam meraih bonus tersebut. Dari memetakan kemampuan peserta didik, hingga memberian bimbingan yang maksimal serta mengikutsertakan dalam pelbagai ajang perlombaan. Selain mengembangkan kepercayaan diri peserta didik, juga menguatkan semangat berkompetisi.

Disampaikan Kepala SDN Kepuhkembeng I Peterongan, Zahroh, S.Pd.I aktivitas pembelajaran memang diliburkan. Bebarengan akan memasuki tahun pelajaran baru dan momentum Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Oleh sebab itu, para guru sibuk mempersiapkan diri sekaligus menerima pendaftaran PPDB.

Baca Juga: Sekolah Inklusi: Merayakan Keunikan Setiap Anak

“Bahkan ada pula bapak/ibu guru yang menyongsong pembelajaran pada tahun pelajaran 2021/2022 dari sekarang. Mulai mempersiapkan materi ajar hingga strategi pembelajaran yang bakal dilangsungkan nantinya. Mengingat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir, hal itu jangan sampai melemahkan kualitas pembelajaran yang dijalankan jarak jauh,” jelas Zahroh.

Kepala SDN Kepuhkembeng I Peterongan, Zahroh, S.Pd.I. (Rabithah)

Selain itu ada juga beberapa peserta didik yang sengaja datang ke sekolah guna mempersiapan diri mengikutii perlombaan. Diungkapkan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), SDN Kepuhkembeng I Peterongan, Prayitno, S.Pd. bahwa memang potensi peserta didik terus digali. Dari bidang akademik maupun non-akademik. Ketika ada yang menonjol maka akan dibina dan dikembangkan sematang mungkin.

Guru PJOK SDN Kepuhkembeng I Peterongan, Prayitno, S.Pd. (Rabithah)

“Dalam pembimbingan peserta didik yang bakal mengikuti perlombaan bersifat fleksibel. Artinya menyesuaikan kebutuhan peserta didik sehingga akan dijadwal rutin agar mampu tampil maksimal. Hal ini sebagai salah satu bentuk tanggungjawab SDN Kepuhkembeng I Peterongan dalam memberikan pendidikan yang terbaik,” kata Prayitno.

Kepala dan jajaran guru SDN Kepuhkembeng I Peterongan. (Rabithah)

Walaupun kini perlombaan dilakukan secara virtual, hal itu tak membuat SDN Kepuhkembeng I Peterongan berkecil hati. Sebaliknya diupayakan mampu menampilkan dengan maksimal, baik dari peserta didik maupun tampilannya agar semakin memukau.

Reporter: Rabithah Maha Sukma

Prestasi Terbaru SDN Kepuhkembeng 1 Peterongan

a. Juara 3 Atletik Putra Kecamatan Peterongan Tahun 2019

b. Juara 3 Gerak Jalan Kecamatan Peterongan Tahun 2019

c. Juara 1 Seni Suara Putra Kecamatan Peterongan

d. Juara 3 Reading English Poetry di SMP Darul Ulum 1

e. Harapan 3 Foto Genic Tingkat Nasional di Kota Kediri Tahun 2020

f. Favorit Guk Cilik Jombang 2019 (Vicky Rohan Maulana)

g. Foto Genic Yuk Cilik Jombang 2019 (Amelia Putri Septiasa)

h. Peringkat 5 dan 7 Sains Student Competition Online Nasional 2021

Lebih baru Lebih lama