Aplikasi E-Information. (Donny).


NGUSIKAN - Pandemi Covid-19 yang berlangsung hingga sekarang ini, ternyata menyisakan banyak sekali inovasi. Seperti halnya yang terjadi di SMP Negeri Ngusikan, akibat mengganasnya virus dari Tiongkok beberapa waktu lalu membuatnya melahirkan sebuah inovasi basis pendataan yang bersifat terbuka bagi seluruh civitas akademik.

Diterangkan Operator SMP Negeri Ngusikan, Yoyok Wahyu Wibowo, S.Kom. apabila aplikasi yang dinamai E-Information ini sanggup merekapitulasi semua data baik itu guru, absensi, materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), serta pelbagai macam modul pembelajaran. Bahkan sekarang ini sudah memasuki kategori tipe 4 yang juga melibatkan data peserta didik sehingga dapat diakses langsung dengan kata kunci Nomor Induk Siswa Nasional.

Inovasi ini seperti memberikan sebuah optimisme bahwa meskipun berada dipinggiran Jombang mampu berbuat banyak dan lebih. Utamanya dalam memanfaatkan perkembangan teknologi baik untuk operasional maupun pembelajaran.

Yoyok Wahyu Wibowo menjelaskan, “Aplikasi yang berlandaskan sistem operasi Android ini mulanya sebatas untuk absensi guru agar lebih mudah terakomodir. Selanjutnya berkembang saat MPLS peserta didik baru serta dapat digunakan sebagai pusat data pembelajaran, karena materi dari guru disediakan di E-Information. Apalagi menggunakan server dari Google, sehingga semakin mudah.”

Baca Juga: 30 SD Negeri Berpotensi Merger

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, SMP Negeri Ngusikan, Nuri Amilia Rohmawati, S.Pd.I. pun mengakui manfaat adanya E-Information ini, sebab untuk pendataan nilai harian serta ujian peserta didik dapat terasipkan dengan rapi dan berkala. Malahan juga mampu digunakan untuk mengerjakan tugas, sebab segala prosesnya dari unggah soal hingga menjawabnya dapat dilakukan melalui gawai peserta didik sendiri.

Plt SMP Negeri Ngusikan, Lukman Hidayat, M.Si.,M.Pd. saat ditemui pada Selasa (2/11). (Donny)

“Ketika sudah mulai masuk seperti sekarang pun masih bisa digunakan untuk pendataan segala nilai peserta didik. Sehingga akan tercatat apik riwayatnya, kalau pun ingin meninjau di lain waktu sangat dimungkinkan sekali dijangkau,” jelas Nuri Amilia Rohmawati.

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) SMP Negeri Ngusikan, Lukman Hidayat, M.Si., M.Pd. merasakan sekali dalam menjalankan operasional satuan pendidikan sangat terbantu dengan adanya E-Information. Dalam perkembangannya mampu menyesuaiakan dengan keperluan. Misalnya dalam pemilihan Ketua OSIS, peserta didik tak perlu datang ke satuan pendidikan. Cukup melihat profil calon dan visi misinya di E-Information, berikutnya langsung bisa memilih.

Jajaran guru SMP Negeri Ngusikan. (ist)

Lukman Hidayat menegaskan, “Inovasi ini seperti memberikan sebuah optimisme bahwa SMP Negeri Ngusikan meskipun berada dipinggiran Jombang mampu berbuat banyak dan lebih. Utamanya dalam memanfaatkan perkembangan teknologi baik untuk operasional maupun pembelajaran. Sehingga wali peserta didik tak usah ragu untuk mempercayakan pendidikan buah hatinya di sini.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

SMP Negeri Ngusikan

Berdiri: 1992

Akreditasi: A

Jumlah Guru dan PTK: 52

Jumlah Peserta Didik: 559 Peserta Didik

Ekstrakurikuler: Teater, Pramuka, English Conversation Club (ECC), dan Musik

Prestasi:

Juara I dan III Wushu se Kabupaten Jombang Tahun 2021

Juara I Singing Competition Band/Musik MAN 7 Jombang Tahun 2021

Lebih baru Lebih lama