Hampir setiap pagi, anak didik TK An Nur Mojowarno mengikuti latihan drumband. (Rabithah)


MOJOWARNO – Suara bel tanda berakhirnya pembelajaran, tampak anak didik cukup bersemangat menuju ruang alat musik. Mereka berbondong-bondong meraih sejumlah alat musik yang tertata rapi karena bersiap akan melakukan latihan drumband. Itulah sekilas yang tergambar ketika Majalah Suara Pendidikan berkunjung ke TK An Nur Mojowarno.

Kegiatan yang sudah berjalan sejak 2015 ini berangkat dari usulan wali anak didik. Itu pun menggunakan peralatan seadanya, asalkan mampu digunakan menyalurkan bakat anak didik di bidang musik. Diakui Kepala TK An Nur Mojowarno, Ninik Nur Khoiroh, S.Pd. baru pada 2018 memiliki alat drumband lengkap.

Dalam pemilihan anak didik yang turut serta dalam drumband dilihat dari fokus, pengetahuan akan nada, hitungan, serta kemampuan menghafal.

Ninik Nur Khoiroh menjelaskan, “Tidak saja melengkapi alat permainan drumband saja. Tetapi pelatih profesional yang telah berpengalaman menangani anak usia TK pun dihadirkan sebagai penunjang guna menghasilkan permainan yang cantik.”

Baca Juga: 

Untuk sekarang ini yang mengikuti kegiatan drumband adalah kelas B saja berjulah 28 anak didik dan dibagi kedalam pelbagai kelompok sesuai dengan alat musik yang dipegang. Diantaranya kelompok Bass dan Tom-tom, Bellyara, Simbal, Mayoret, serta Bendera.

Kepala, seluruh guru beserta anak didik TK An Nur Mojowarno. (Rabithah)

Guru Kelas B, TK An Nur Mojowarno yang juga didapuk menjadi pelatih drumband, Roichatul Jannah menuturkan dalam pemilihan anak didik yang turut serta dalam drumband dilihat dari fokus, pengetahuan akan nada, hitungan, serta kemampuan menghafal. Tak kalah pentingnya juga kemampuan fisik anak didik pun menjadi pertimbangan utama.

Ninik Nur Khoiroh, S.Pd. saat melatih drumband. (Rabithah)

“Untuk itu setiap kali latihan selalu menyertakan pelatihan fisik agar anak didik tetap bertenaga tak sampai lemas ketika bermain drumband. Apalagi alat yang dibawa sebagian memiliki berat yang lumayan dan harus dimainkan dengan berparade. Jelas menguras cukup banyak tenaga,” tegas Roichatul Jannah.

Anak didik TK An Nur Mojowarno tertib mengambil dan mengembalikan alat drumband. (Rabithah)

Setiap pekannya anak didik berlatih dua kali selama dua jam. Sementara persiapan yang dilakukan ketika mengikuti perlombaan agar benar-benar siap, setidaknya memakan waktu hingga lima bulan. Itu juga tergantung tingkat kesulitan lagu yang digarap.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

TK An Nur Mojowarno:

  1. Tahun Berdiri : 2000
  2. Jumlah Guru : 5
  3. Jumlah Anak Didik : 60

Prestasi :

  • Juara I Lomba Konser Drumband Bupati Cup Kabupaten Jombang 2018.
  • Juara II Lomba Konser Drumband Provinsi Jawa Timur Tahun 2020.

Lebih baru Lebih lama