Mardis aat melatih gerakan handstand. (Rabithah)


PERAK – Sederet prestasi yang berhasil diraih peserta didik dapat membuktikan bahwa satuan pendidikan tersebut memiliki komitmen pembinaan yang baik dan berkelanjutan. Seperti prestasi senam yang secara rutin diraih peserta didik SDN Plosogenuk I Perak ini.

Diungkapkan oleh Kepala SDN Plosogenuk I Perak, Mokh Junaidi, S.Pd. bahwa ekstrakurikuler senam sudah di gandrungi peserta didik sejak tahun 2012. Hal tersebut berkat tangan dingin guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) yang selain memiliki keahlian senam juga dapat melatih secara profesional.

Terpenting dari serangkaian olahraga senam adalah kekuatan fisik, pengetahuan terkait pemanasan dan pendinginan, agar tidak terjadi hal membahayakan seperti cedera.

Mokh Junaidi menerangkan, “Untuk membuncahkan olahraga senam di SDN Plosogenuk I Perak memang awalnya tidak mudah, sebab kalah populer dibandingkan olahraga lainnya seperti Bola Voli, Sepak Bola, dan Atletik. Namun berkat dedikasi seluruh guru dan pelatih akhirnya kemenangan pertama pun dapat diraih dan berlanjut hingga terbaru di Kompetisi Olahraga Siswa Nasional tahun 2021.”

Baca Juga: Cara Melestarikan Lingkungan oleh Peserta Didik

Kedepannya akan terus mendukung segala kegiatan yang berkaitan dengan prestasi peserta didik, khususnya di olahraga senam dengan memenuhi kebutuhan dari segi alat, tambah Mokh Junaidi. Sehingga peserta didik dapat lebih semangat berlatih dan mengikuti ajang perlombaan yang ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang maupun di luar itu.

Mokh Junaidi. (Rabithah)

Saat dijumpai disela kegiatannya melatih Guru PJOK, SDN Plosogenuk I Perak, Mardi, S.Pd. memaparkan bahwa anggota ekstrakurikuler senam berjumlah sekitar sepuluh peserta didik. Peserta didik diseleksi dari kelas III. Hal ini dimaksudkan agar memiliki waktu berlatih setidaknya satu tahun, sehingga saat kelas IV atau V sudah siap mengikuti lomba.

Mardi saat melatih gerakan melompat. (Rabithah)

“Peserta didik berlatih satu minggu dua kali. Namun dapat lebih intensif hingga setiap hari tatkala akan mengikuti perlombaan. Terpenting dari serangkaian olahraga senam adalah kekuatan fisik, pengetahuan terkait pemanasan dan pendinginan, agar tidak terjadi hal membahayakan seperti cedera,” ungkap Mardi yang juga menjabat Ketua Persatuan Senam Seluruh Indonesia (Persani) Kabupaten Jombang.

Kepala SDN Plosogenuk I Perak bersama jajaran guru. (Rabithah)

Setelah diketahui pemetaan perihal ketahanan fisik setiap peserta didik, barulah akan dikenalkan pada teknik dan ragam jenis olahraga senam, imbuh pria yang juga aktif di klub Tiger Gymnastics itu. Terdiri dari senam artistik lantai, kuda pelana, kuda lompat, palang sejajar, balok keseimbangan, palang bertingkat, dan lain sebagainya.

Reporter/Foto: Rabitha Maha Sukma

SDN Plosogenuk I Perak


Berdiri : 1 Januari 1950

Jumlah Guru : 10

Jumlah peserta didik : 184

Prestasi Senam :

Juara I Round Off Putra Piala Bupati Jombang Tahun 2017

Juara III Meja Jamur Putra Piala Bupati Jombang Tahun 2018

Juara II Hanspring Salto Belakang Putri Kejurkab Persani Jombang 2020

Juara I Round Off Putri Kejurkab Persani Jombang 2020

Juara I Senam Putri KOSN Jombang Tahun 2021.

Lebih baru Lebih lama