Dina Yuanita Rahmawati saat membersamai anak didiknya bermain gelembung. (Donny)


NGUSIKAN –
Menjaga suasana hati anak didik ketika pembelajaran sangatlah penting. Selain dapat memperlancar jalannya pembelajaran, juga mampu meningkatkan daya kreatifitas anak didik dengan pelbagai tingkah lakunya. TK Nusa Indah Ngusikan pun mencoba menciptakan pembelajaran yang menyenangkan agar suasana hati anak didik tetap terjaga baik melalui Kamis Ceria.

Disampaikan Kepala TK Nusa Indah Ngusikan, Dina Yuanita Rahmawati, S.Pd. bahwa program Kamis Ceria sudah dijalankan sejak 2017. Dilaksanakan bagi seluruh anak didik di kelas A maupun B secara terpusat pada lingkungan belajar.

Di Kamis Ceria anak didik tidak hanya dibangun secara fisik, tetapi non-fisik pun tergarap dengan baik. Hasilnya wali anak didik pun turut bergembira dengan melihat perkembangan buah hatinya yang sangat gemilang.

“Daripada itu memang dalam menyukseskan Kamis Ceria dibutuhkan fasilitas yang memadai dalam pembelajaran baik itu di dalam maupun di luar kelas. Dengan begitu, anak didik bisa mengeksplorasi pembelajaran yang sedang diselaminya dan merasuk melalui permainan sekaligus sambil belajar,” tegas Dina Yuanita Rahmawati.

Baca Juga: Kebiasaan yang Bisa Perbaiki Kualitas Hidup

Perempuan berkacamata ini pun menimpali kembali, bahwa tak selalu permainan yang akan digunakan dalam pembelajaran haruslah yang terbaru atau modern. Namun dapat juga dengan permainan tradisional yang dapat dimainkan bersama-sama. Selain menciptakan keseruan serta kekompakan, mampu juga untuk menggugah daya motorik anak didik.

Kegiatan bermain gelembung. (Donny)

Sementara itu Guru Kelas B, TK Nusa Indah Ngusikan, Sussiati, S.Psi. menuturkan selain anak didik diterjunkan dalam sebuah permainan. Penting pula menjaga komonikasi yang apik, sehingga Kamis Ceria benar-benar mampu menciptakan keceriaan pada anak didik. Artinya, ada pembelajaran psikologis yang ditanam agar anak didik lebih bersemangat dalam pembelajaran.

Beberapa anak didik meniup gelembung. (Donny)

Sussiati mengatakan, “Di Kamis Ceria anak didik tidak hanya dibangun secara fisik, tetapi non-fisik pun tergarap dengan baik. Hasilnya wali anak didik pun turut bergembira dengan melihat perkembangan buah hatinya yang sangat gemilang.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

TK Nusa Indah Ngusikan


Berdiri : 1986

Julah Guru : 3

Jumlah Anak Didik : 47

Akreditasi : B

Prestasi : Juara II Lomba Mewarnai Tingkat Kecamatan Ngusikan Tahun 2021

Lebih baru Lebih lama