Guru saat mengajar di kelas. (ist)

Setelah menjalani masa libur panjang akhir tahun, kini aktivitas sekolah harus dimulai. Enggak hanya peserta didik, para guru juga enggak jarang sering merasa bingung saat menghadapi suasana kelas. Pasalnya, para guru juga harus memutar otak untuk mengembalikan semangat para peserta didik yang masih tertinggal pada liburan yang mereka jalani, guys.

Buat kamu para guru, berikut rangkum lima kegiatan yang bisa dilakukan saat hari pertama masuk sekolah usai libur panjang dilansir laman Teach Hub. Yuk, disimak!

Membuat Buku Memori Liburan
Pastikan bahwa para peserta didik mengenang momen liburan terbaik mereka dalam sebuah buku catatan. Para peserta didik akan memiliki banyak momen untuk dibagi dan menuangkannya dalam sebuah tulisan. Minta juga kepada para peserta didik untuk menggambar atau menempelkan foto liburan mereka ke dalam catatan tersebut.

Membuat Resolusi Tahun Baru
Kembali dari libur akhir tahun yang panjang merupakan salah satu kesempatan yang bisa para guru lakukan untuk mengajarkan kepada para peserta didik tentang bagaimana belajar dari tahun yang lalu. Kamu juga bisa memberi tahu kepada para peserta didik bahwa tahun yang baru bisa mereka jadikan untuk membuat komitmen belajar yang lebih baik bersama teman satu kelas mereka.

Bercerita
Enggak melulu para peserta didik yang harus bercerita tentang bagaimana serunya momen liburan yang mereka jalani, guys. Para guru juga bisa melakukan hal ini saat pertama kali memulai kelas usai libur panjang. Kamu juga bisa membuat para peserta didik penasaran dengan cerita liburan dengan memberi mereka beberapa pertanyaan, lho.

Menulis Kreatif
Asah kemampuan menulis dan berpikir kreatif para peserta didik dengan meminta mereka untuk menulis tentang hal kreatif yang membuat mereka berpikir. Kamu bisa memulai dengan meminta mereka untuk menulis tradisi dalam keluarga saat liburan ataupun kado terbaik yang mereka terima sepanjang liburan. Minta juga para peserta didik untuk menjelaskan secara rinci tentang alasannya, ya. Mereka juga bisa menuliskan cerita liburan dalam secarik kertas. Setelah selesai, biarkan catatan liburan mereka ditempel di dinding atau mading sekolah.

Baca Juga: Hafidz Zainul Aini Patrolan Lahir dan Tumbuh oleh Masyarakat

Bermain
Sambut peserta didik kamu dengan beberapa permainan menarik yang bisa mengubah mood belajar mereka. Hindari memberikan mereka tugas rumah ataupun di sekolah pada hari pertama sekolah. Buat kamu para guru bisa memulai dengan permainan “bangku panas”. Permainan ini membutuhkan tiga peserta didik yang duduk membelakangi papan tulis. Ketiganya diminta untuk menebak tulisan yang ada di belakang mereka dengan bantuan dari teman yang ada di hadapan mereka. Simpel tapi menyenangkan.

Lebih baru Lebih lama