Tabel periodik unsur kimia. (ist)


Tabel periodik yaitu suatu bentuk tabel yang menunjukan susunan unsur-unsur kimia berdasarkan nomor atom. Tersusun berisi sejumlah proton dalam konfigurasi elektron tertentu dengan kesamaan sifat yang dimiliki unsur kimia. Tabel periodik terbagi dalam empat blok, yaitu blok s, p, d, dan f. Dalam satu periode atau baris, di bagian kiri itu menunjukan sifat logam, sedangkan bagian kanan untuk menunjukan sifat non logam.

Periode

Merupakan baris horizontal pada tabel yang lebih signifikan dibandingkan tren vertikal karena sulit dipahami. Dilihat pada bagian blok-f menunjukan lantanida dan aktinida membentuk dua seri unsur horizontal yang bisa menjadi definisi substansial dalam menentukan unsur kimia.

Golongan

Biasa juga disebut juga dengan istilah famili yang berarti bagian pada tabel periodik yang berbentuk kolom vertikal dengan tren periodik, bukan menggunakan golongan periode dan blok tertentu.

3. Blok-s

Unsur dari dua golongan yaitu logam alkali dan alkali tanah. Pada susunanya, blok-s juga berisi unsur tambahan dengan hidrogen dan helium.

4. Blok-p

Terdiri dari enam golongan yaitu 13 golongan sampai 18 sesuai dengan ketentuan IUPAC mulai dari 3A hingga 8A sesuai penamaan di Amerika Serikat. Semua bagian pada blok-p juga memiliki kandungan sebagian besar adalah metaloid.

5. Blok-d

Terdiri dari 3 sampai 12 golongan, mulai dari golongan 3B hingga 2B dalam sistem penggolongan Amerika Serikat. Semua unsur kimia dalam golongan blok-d adalah logam transisi.

6. Blok-f

Sering diletakan dibagian bawah. Perlu diketahui bahwa golongan blok-f tidak memiliki nomor golongan yang terdiri dari lantanida dan aktinida.

Sumber : Diolah dari pelbagai sumber

Olah data : Batlitbang Majalah Suara Pendidikan

Lebih baru Lebih lama