Pengambilan foto lokasi pada fitur aplikasi PPDB Online Tapel 2022/2023. (Rabitha)

JOMBANG – Di era serba mengalami kemajuan khususnya bidang teknologi, membuat semuanya menjadi tersentuh. Tak usah kerja keras, cukup dalam genggaman menggunakan telepon pintar semuanya bisa dilakukan. Tengok saja perihal transportasi baik itu pemesanan tiket atau kendaraan bahkan berbelanja aneka kebutuhan lain pun tak perlu harus datang ke pusat perbelanjaan seperti dahulu.

Itu pun yang terjadi pada dunia pendidikan sekarang ini. Paling kentara adalah saat pandemi membekap lini aktivitas pendidikan, membuat keseluruhannya harus berjalan terpaut jarak. Namun begitu tetap saja masih dapat terjangkau dan pembelajaran berlangsung baik. meskipun butuh waktu adaptasi dan perubahan pola tak seperti lumrahnya.

Aplikasi PPDB Online Tahun Pelajaran 2022/2023 ini lebih mudah untuk digunakan. Hanya dalam kurun waktu sekilas saja, pengguna bisa segera memahami dan menjalankannya untuk mendaftarkan peserta didik. Selain jauh lebih sederhana, pilihan menu yang ada juga bersifat tepat guna. Artinya sesuai dengan kebutuhan dalam jangkauan PPDB Online ini. 

Terkini bisa disaksikan ketika Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dari jenjang SD ke SMP Sederajat di Kota Seribu Pesantren ini. Sekujurnya telah dilaksanakan secara dalam jaringan memanfaatkan kemajuan teknologi. Hanya membutuhkan aplikasi yang mumpuni, jaringan internet stabil, serta peranti        telepon genggam yang memenuhi standar. PPDB sudah dapat dilaksanakan dengan maksimal dan tak perlu seperti dulu mesti bolak-balik ke satuan pendidikan tujuan atau ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang guna memperbaiki data dengan membawa berkas asli yang rawan tertinggal ataupun hilang.

Selain tidak efisien segi waktu dan tenaga, risikonya pun lebih besar. Lantaran adanya perpindahan ke suatu tempat secara bersamaan sangat berpotensi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Setali dengan itu pula peluang adanya ketidaksesuaian juga terjadi.

Sementara jikalau sekarang sangat terbuka, keseluruhan bisa melihat bersama-sama hasil dari pendaftaran. Pertaruhannya selain nama baik penyelenggara tentunya personal pendaftar PPDB itu sendiri. Sehingga besar kemungkinan berjalan dengan jujur dan terbuka sebagaimana aturan teknis yang telah dijelaskan sebelumnya.

Rhendra Kusuma. (Rabitha)

Diakui oleh Pelaksana Teknis PPDB Online, sebutannya sekarang, Rhendra Kusuma, S.Kom bilamana dalam penyediaan aplikasi PPDB Online yang mudah menjangkau seluruh klaster masyarakat yang sedianya sangat heterogen Disdikbud Kabupaten Jombang tidaklah bekerja sendiri. Melainkan menggandeng pihak ketiga yang telah profesional dan berpengalaman dalam penyedia jasa aplikasi PPDB Online sehingga kendala-kendala yang dijumpai sejak terselenggarakan mekanisme ini pada Tahun Pelajaran 2018/2019 bisa terkurangi bahkan sepenuhnya tiada.

Rhendra Kusuma menjelaskan, “Aplikasi PPDB Online Tahun Pelajaran 2022/2023 ini lebih mudah untuk digunakan. Hanya dalam kurun waktu sekilas saja, pengguna bisa segera memahami dan menjalankannya untuk mendaftarkan peserta didik. Selain jauh lebih sederhana, pilihan menu yang ada juga bersifat tepat guna. Artinya sesuai dengan kebutuhan dalam jangkauan PPDB Online ini.”

Ditambah lagi pelayanan dari Panitia PPDB Online selain disediakan secara virtual juga dapat datang langsung untuk mendapatkan informasi sejelas mungkin, tegas lelaki yang menjabat sebagai Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Bidang Pembinaan SMP, Disdikbud Kabupaten Jombang ini.

Kalaupun ada kendala, tinggal membutuhkan penyesuaian saja semuanya sudah terselesaikan. Misalkan saja ketika pengambilan foto lokasi tempat tinggal peserta PPDB Online, biasanya dibutuhkan pembaruan aplikasi utamanya di telepon genggam yang menggunakan aplikasi Play Store pada basis operasi Android.

Prabowo Hadiwardoyo (Donny)

Koordinator Paguyuban Operator SD Se Kabupaten Jombang, Prabowo Hadiwardoyo pun membenarkan hal itu. Pengalamannya selama ini ketika memfasilitasi pelayanan pendaftaran PPDB Online, pada aplikasi Tahun Pelajaran 2022/2023 jauh lebih mudah dipahami. Bahkan wali peserta didik pun meski masih baru mencoba, bisa untuk secepat menggunakannya dan tak perlu banyak bertanya.

“Jika menggunakan gawai setidaknya sudah menggunakan Operasi Sistem Android 4.1, kemudian jaringan internet yang dipilih pun terbilang stabil, ruang penyimpanan yang memadai, dan tak sampai digunakan dalam tempo waktu bersamaan dengan jumlah pengguna kebanyakan pasti segala prosesnya berjalan lancar,” beber Prabowo Hadiwardoyo.

Sementara itu Praktisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari Jombang, Moh. Afif, S.Si., M.T., M.PSc. ketika menelaah sekilas dari aplikasi PPDB Online yang digunakan sekarang ini dalam menjaring peserta didik baru memang terbilang sangat mudah dan efisien sebagaimana kebutuhannya. Jadinya tak akan membebani para penggunanya karena cukup mudah dimengerti dan diimplementasikan.

Moh Afif. (Rabitha)


Moh. Afif menerangkan, “Fitur dalam aplikasi PPDB Online kali ini ringan digunakan pada sistem telepon pintar kebanyakan. Tampilannya pun terlihat informatif sehingga akan sangat membantu bagi pengguna baru. Tinggal jaringan yang dipilih serta waktu akses supaya tak sampai bersamaan hingga membebani kerja server.”

Oleh karenanya, lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Kobe Jepang itu menggaris bawahi untuk penyempurnaan aplikasi tersebut dapat diperhitungkan kembali menyiapkan server dan bandwidth yang memadai untuk load user. Tak lupa mengintegrasi dengan aplikasi yang telah familier dengan pengguna selaiknya WhatsApp Gateway untuk mempercepat alur penyampaian informasi selanjutnya memiliki tampilan yang konsisten setiap tahunnya.

Moh. Afif pun mengatakan, “Memang dalam aplikasi PPDB Online mestilah ideal. Memiliki indikator yang diantaranya adalah user full, valid, real time, user friendly, dan fleksibel ketika dipakai.”

Dimaksudkan user full ialah mampu menjembatani sebagai proses tunggal dalam pendaftaran PPDB Online dari awal hingga pengumuman akhir dikeluarkan. Kemudian valid adalah minimnya terjadi human error sehingga semua dikerjakan oleh aplikasi. Dari unggah data hingga verifikasi di sistem pada aplikasi itulah yang bekerja sehingga dapat menekan sepenuhnya human error tersebut.

Sedangkan yang diartikan real time yaitu dapat digunakan sewaktu-waktu. Tanpa harus menantikan pada waktu khusus, sehingga kapan pun akan digunakan dapat dipakai dengan nyaman tanpa ada gangguan. Selanjutnya user friendly tentunya dipahami bersama bila mudah serta sederhana. Langsung menyesuaikan kebutuhan pengguna dalam PPDB. Terakhir fleksibel tentunya segala bentuk perubahan baik itu bersifat pembaruan dapat berjalan lancar.


Aplikasi PPDB Online Masih Membutuhkan Peran Operator

Persis pada pembahasan Laporan Utama beberapa edisi kebelakang peran operator dalam jalannya PPDB Online masihlah krusial. Pada babak awal PPDB Online saja, operator khususnya di tingkat SD Sederajat harus sudah bersiap berjibaku dengan data peserta didik. Jauh hari para operator harus memasukan data peserta didik yang bakal turut dalam persaingan PPDB Online dengan serumpun jalur itu.

Sosialisasi penggunaan aplikasi PPDB Online Tapel 2022/2023. (Rabitha)

Data awal adalah kunci utama. Nantinya akan membaca sejauh mana kesiapan peserta didik dalam PPDB Online. Jikalau ada datang yang kurang atau tidak lengkap, jelasnya akan berpengaruh terhadap kelancaran PPDB Online. Lebih parahnya akan merugikan peserta PPDB Online atas jalur yang telah dipilihnya. Katakanlah melalui jalur prestasi nilai rapor, tatkala tidak segera diinput dengan baik dan benar. Praktis peserta didik bersangkutan gagal mengikuti jalur tersebut. Harus ada alternatif jalur lain yang segera dipilih, itupun wajib menyertakan data penunjangnya supaya dapat masuk di tahapan seleksinya.

Oleh karenanya, Disdikbud Kabupaten Jombang tiada henti memberikan informasi seputar PPDB Online melalui banyak forum baik tatap muka langsung maupun yang dilakukan melalui teleconference. Termasuk juga pembaharuan yang terjadi sehingga tak sampai membuat kalangkabut pendaftar.

Selain itu tugas penting lain dari operator SD Sederajat ialah mendampingi sekaligus memfasilitasi kebutuhan yang dikehendaki oleh peserta didik maupun wali peserta didik. Misalkan saja dari pengunggahan rapor digital, pendataan berkas penunjang lainnya, hingga pada pengecekan ke validan keseluruhan data yang dibutuhkan.

Prabowo Hadiwardoyo yang juga merupakan operator SDN Menganto Mojowarno mengakui meskipun telah disediakan petunjuk teknis oleh panitia PPDB Online. Nyatanya masih banyak peserta didik serta wali peserta didik yang kebingungan dan membutuhkan penjelasan seraya bantuan teknis dari operator. Oleh karena itulah, fungsi operator sebagai pendamping sangatlah vital.

 Sekretaris Forum Komunikasi Musyawarah Operator SMP Se Kabupaten Jombang, Yossy Ratna Andreyani

Ditegaskan pula oleh Sekretaris Forum Komunikasi Musyawarah Operator SMP Se Kabupaten Jombang, Yossy Ratna Andreyani bahwa dalam pelaksanaan PPDB Online yang baru saja berlangsung ini masih ada rapor digital atau e-rapor yang belum lengkap terunggah. Bagaimanapun dalihnya, kondisi ini jelas menghambat peserta PPDB Online dan pasti merugikan dalam mendaftar dijalur prestasi dikarenakan tidak adanya data base yang dapat terbaca oleh sistem.

“Peranan inilah yang mesti disadari operator bahwa nasib peserta didik ada ditangan mereka. Sehingga jangan sekalipun lengah dan harus lekas memperbaiki apabila ditemukan kesalahan. Oleh karenanya, operator SD Sederajat dan SMP harus menjalin koordinasi untuk menyelesaikan kendala tersebut, semisal pemilihan jalur dan ketersediaan Pagu. Selebihnya jika data sudah lengkap baik digunakan dijalur yang dikehendaki pun tak akan jadi masalah,” pungkas Yossy Ratna Andreyani yang kesehariannya bertugas di SMP Negeri 2 Sumobito itu.

Reporter/Foto: Rabitha Maha Sukma
Lebih baru Lebih lama