Keharmonisan memasak bareng keluarga. (Ilustrasi)

Memasak jadi salah satu kegiatan yang makin digandrungi semenjak adanya pandemi. Untuk membuatnya makin seru, Anda bisa ajak keluarga di rumah untuk berkreasi bersama dalam kegiatan memasak.Melansir tunedinparents, makan bersama harus diprioritaskan untuk menjaga kesehatan keluarga. Terutama di tengah kondisi pandemi yang membuat kita harus bekerja ekstra dalam menjaga kesehatan. Meski kurang praktis, memasak bersama keluarga ternyata memiliki berbagai manfaat baik untuk para orang tua maupun untuk anak-anak.

Tentunya, Anda juga harus terus memperhatikan bahan-bahan masakan yang akan digunakan saat masak di rumah. Sebab, bahan berkualitas akan berpengaruh pada kesehatan keluarga.

Berikut 5 manfaat masak bersama keluarga dikutip dari tunedinparents dan healthychildren.


Jadi Waktu Menyatukan Keluarga
Masak bersama keluarga di rumah bisa jadi salah satu cara untuk menyatukan keluarga. Apalagi jika masing-masing anggota keluarga memiliki kesibukan harian yang berbeda.

Anda bisa mengatur waktu di akhir pekan untuk menjadikan dapur sebagai pusat kumpul anggota keluarga. Dengan cara ini, Anda bisa menciptakan waktu yang berkualitas bersama keluarga sembari menyiapkan sajian makanan yang disukai semua orang.

Bikin Aktivitas Sosial yang Menarik
Saat memasak bersama, mau tidak mau ada interaksi yang terjadi antar anggota keluarga yang terlibat. Kegiatan ini bisa menjadi cara untuk Anda terhubung bersama pasangan maupun anak-anak di rumah. Misalnya, dengan membantu anak-anak mengenali bahan makanan yang sedang disiapkan, atau saling berbagi tugas saat mencuci dan memotong sayuran, atau membersihkan peralatan masak.

Bikin Anak-anak Tak Jadi Pemilih Makanan
Tak jarang anak-anak memfavoritkan makanan tertentu dan ogah memakan makanan yang tidak sesuai selera mereka. Dengan mengajak anak masak bersama, Anda bisa membiarkan anak bereksplorasi dengan berbagai jenis makanan dan membuat mereka mengenal rasa dengan sendirinya. Cara ini bisa jadi alternatif untuk membuat anak tak lagi pilah-pilih makanan dan bisa membangun asosiasi yang positif dari proses memasak yang mereka lewati.

Melatih Perkembangan Anak-anak
Masak bisa jadi langkah tepat untuk bantu tumbuh kembang anak-anak. Anda bisa mengajarkan anak-anak cara membaca dan mengikuti instruksi sebuah resep, serta melibatkan mereka untuk mengenali pengukuran, warna, tekstur, bau, dan rasa saat memasak.

Tak cuma, anak-anak juga bisa berlatih mengenal kosa kata baru saat menggambarkan rasa dan wujud makanan. Anda juga bisa memperoleh manfaat dari perkembangan sosial anak dengan mengajak mereka berkomunikasi, melatih keterampilan, berbagi tugas, hingga menyelesaikan suatu tugas.

Baca Juga:  Permintaan Informasi Pemilu 2024 Kian Gencar

Meningkatkan Kesehatan Keluarga
Masak jadi salah satu kunci untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan keluarga. Dengan memasak bersama, Anda bisa mengajarkan keluarga di rumah soal pentingnya nutrisi dan cara memulai gaya hidup serta pola makan yang sehat.

Memasak bersama di rumah juga membuat Anda dan keluarga bisa mengurangi jajan di luar rumah dan bisa mengatur diet sehat. Sehingga, anggota keluarga tak bakal ketergantungan dengan makanan-makanan tak sehat, terutama fast food yang sering jadi alternatif cepat saat tak masak di rumah.

Itu dia 5 manfaat dari kegiatan memasak bareng keluarga di rumah. Tentunya, Anda juga harus terus memperhatikan bahan-bahan masakan yang akan digunakan saat masak di rumah. Sebab, bahan berkualitas akan berpengaruh pada kesehatan keluarga.

Lebih baru Lebih lama