Ilustrasi pembahan rapat bersama Kepala SMA. (ist)


JOMBANG – Kedudukan kepala satuan pendidikan sangatlah penting sekali sebagai pemimpin terdepan dalam mendampingi laju aktivitas pembelajaran. Bukan semata menentukan kebijakan, namun lebih daripada itu sewajarnya dapat memproyeksikan diri untuk program lanjutan yang bakal diterapkan di satuan pendidikan. Tentunya melihat kelebihan dan kekurangannya, sehingga bisa menjadi suatu terobosan dalam memungkasi kekurangannya serta menjadikan kelebihannya sebagai modal melahirkan inovasi baru.

Itulah yang terlihat di jenjang SMA Negeri Se Kabupaten Jombang, tak membiarkan kursi kosong kepala satuan pendidikan terlalu lama. Dari duabelas kursi kepala satuan pendidikan SMA Se Kabupaten Jombang ada tiga yang kosong. Maka lekas digantikan oleh kepala satuan pendidikan lain yang memungkinkan menggantikannya dari hasil tinjauan Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Provinsi Jawa Timur, Wilayah Kabupaten Jombang.

Nantinya pengganti kepala satuan pendidikan yang purna adalah peserta seleksi calon kepala satuan pendidikan SMA Negeri Se Kota Santri pada 2021 lalu. Setelah dilantik maka diharapkan mampu lekas melaju dalam pematangan kualitas pembelajaran serta peningkatan mutu pendidikan.

Dijelaskan Kepala Cabdin Provinsi Jawa Timur, Wilayah Kabupaten Jombang, Sri Hartati, S.Sos., M.M. mekanisme penggantian kepala satuan pendidikan sudah sesuai aturan yang berlaku. Sehingga sampai ditunjuknya kepala satuan pendidikan baru, maka kepala satuan pendidikan yang ada diberikan tugas tambahan tersebut.

Baca Juga: Dibalik Keberhasilan Ulama Besar Ada Ulama Mastur

“Kekosongan kepala satuan pendidikan kebanyakan dikarenakan sudah memasuki masa purna tugas. Kami pun tak asal memilih calon pengganti sementaranya atau yang akan menjadi Pelaksana Tugas (Plt.). Selain meninjau kinerjanya juga tak lupa kecakapannya dalam berkomunikasi,” ungkap Sri Hartati.

Perempuan berhijab ini pun tak menampik bahwa tetap mempertimbangkan jarak antara rumah kepala satuan pendidikan dengan tempat tugasnya nanti. Sehingga tak menjadi suatu beban tambahan lagi dan bisa lebih efektif dalam menjalankan tugasnya nanti.

Sri Hartati saat ditemui di ruang kerjanya. (Donny)

Kepala Seksi Pembinaan SMA, Cabdin Provinsi Jawa Timur, Wilayah Kabupaten Jombang, Asijah, M.MPd. menerangkan nantinya pengganti kepala satuan pendidikan yang purna adalah peserta seleksi calon kepala satuan pendidikan SMA Negeri Se Kota Santri pada 2021 lalu. Setelah dilantik maka diharapkan mampu lekas melaju dalam pematangan kualitas pembelajaran serta peningkatan mutu pendidikan.

Asijah memungkasi, “Bekal dalam seleksi calon kepala satuan pendidikan 2021 bisa dimanfaatkan oleh kepala satuan pendidikan nanti sewaktu menghadapi kondisi sebenarnya di satuan pendidikan. Baik itu dalam ketika beradaptasi atau menjalankan program yang telah ada sebelumnya maupun pembaruan yang ditawarkan.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama