Ilustrasi anak sedang kurang bersemangat saat sekolah. (ist)


NASIONAL - Meski sudah menjadi kewajibannya, anak-anak kadang masih saja dihinggapi rasa malas untuk berangkat ke sekolah. Rasa malas berangkat ke sekolah ini perlu dihindari karena akan membawa dampak tidak bagus. Khususnya berdampak pada performa belajar yang bisa menurun.

Melansir dari laman sekolah BPK Penabur, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa malas berangkat ke sekolah. Yuk simak bersama tips mengatasi rasa malas ke sekolah berikut ini:

Bangun Lebih Pagi
Menurut psikolog, salah satu cara untuk melawan rasa malas berangkat sekolah adalah dengan membiasakan diri dengan rutinitas sehari-hari saat sekolah. Contohnya, bangun lebih awal. Kebiasaan bangun pagi ini perlu dilakukan apalagi saat peserta didik baru saja menikmati hari libur atau hari Minggu.

Kebiasaan ini perlu dilakukan agar peserta didik lebih mudah bangun pagi saat harus berangkat sekolah lagi. Selain itu, peserta didik juga harus menghindari tidur terlalu malam. Kurang tidur membuat peserta didik malas untuk bangun pada esok harinya. Rasa mengantuk juga membuatmu tidak bersemangat dan malas-malasan berangkat ke sekolah.

Selesaikan Semua Tugas Rumah
Cara mengatasi rasa malas ke sekolah berikutnya adalah dengan menyelesaikan semua tugas. Sebelum berangkat sekolah, pastikan semua tugas tersebut sudah diselesaikan. Jangan sampai menunda-nunda tugas atau pekerjaan rumah dan tanpa disadari hari Senin sudah datang. Mengerjakan tugas saat hari libur juga akan membantu mengurangi rasa malas untuk kembali belajar.

Buat Perencanaan yang Matang
Cara mengatasi rasa malas berangkat sekolah yang ketiga adalah dengan membuat rencana. Sebelum kembali ke rutinitas sebagai seorang peserta didik, tidak ada salahnya untuk membuat persiapan dan rencana lebih dahulu. Seperti mempersiapkan seragam, peralatan sekolah, hingga membuat target belajar. Dengan adanya rencana dan target, kamu akan lebih termotivasi untuk belajar.

Ikut bimbingan belajar
Agar tidak malas ke sekolah, peserta didik juga bisa mengikuti bimbingan belajar. Hal ini bisa dilakukan jika kamu mengalami kesulitan belajar dan butuh bimbingan profesional. Pilih bimbingan belajar yang memiliki konsep fun learning, sehingga kegiatan ini terasa lebih menyenangkan dan kamu bisa menemukan hal baru selama prosesnya. Demikian cara mengatasi rasa malas untuk berangkat sekolah. Cara ini bisa diterapkan peserta didik mengatasi rasa malas untuk memulai kegiatan di sekolah pada hari Senin.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama