Tema semesta yang diangkat menjadi tema hiasan Kelas VI. (Donny)


KESAMBEN – Beragam cara memang perlu ditempuh untuk menuangkan segala ide serta gagasan yang kreatif. Terlebih di lingkup satuan pendidikan. Penyegaran kreativitas tentu teramat penting diimplementasikan guna menambah semangat belajar civitas akademika.

Untuk itulah pada Senin (14/11) SDN Jombatan II Kesamben, menggelar Lomba Menghias Kelas dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional serta menyambut perayaan Hari Guru Nasional yang jatuh pada (25/11) mendatang. Guru Kelas III, SDN Jombatan II Kesamben, Titik Handayani, S.Pd. menuturkan, pada lomba yang diadakan kedua kalinya pasca Pandemi ini, tiada tema khusus. Artinya, baik Kelas I-VI bebas menentukan tema hiasan kelas yang telah disepakati bersama guru kelas dengan wali peserta didik/paguyuban.

Keindahan, kebersihan ruang kelas juga menjadi cerminan lelaku peserta didik baik hari ini maupun kedepannya.

“Tiadanya tema khusus ini memang untuk meninjau sejauhmana kreasi serta kekompakan peserta didik dalam menuang idenya, setelah dua tahun lamanya tidak dapat belajar di ruang kelas. Selain itu latar belakang lomba menghias kelas ini tiada lain untuk menciptakan karakter peserta didik yang gemar akan kerapian, keindahan, kebersihan, kedisiplinan, sekaligus merekatkan hubungan wali peserta didik dengan para guru,” ujar Titik Handayani.

Proses menghias yang telah dilakukan lantas dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari unsur Kepala SDN Jombatan II Kesamben dan beberapa tokoh masyarakat Desa Jombatan, Kecamatan Kesamben. Adapun penilaiannya, meliputi keindahan, kebersihan, kreativitas, keserasian, dan kelengkapan perangkat kelas.

Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Bermain Game Online pada Anak

“Kelima hasil penilaian tersebut lantas diakumulasi. Bagi kelas pemeroleh hasil nilai akhir tertinggi, maka dinyatakan keluar sebagai pemenang. Selain diambil Juara I hingga Harapan III, seluruh kelas tetap memperoleh hadiah sebagai apresiasi atas kerja kelompoknya juga motivasi kedepannya supaya lebih moncer ide dan gagasan terbarunya untuk menghias kelas, imbuh Titik Handayani.

Peserta didik Kelas VI sedang menghias papan pojok kreasi. (Donny)

Sementara itu, disinggung mengenai tindak lanjut dari Lomba Menghias Kelas ini, Guru Kelas VI SDN Jombatan II Kesamben, Sri Tunggulsari, S.Pd. memaparkan, sudah terdapat kesepakatan untuk saling menjaga dan merawat kebersihan dan keindahan kelas di antaranya peserta didik. Senyampang itu pula, untuk kedepannya, sesuai hasil rapat dan evaluasi dewan juri beserta guru, pelaksanaan Lomba Menghias Kelas akan ditentukan satu tema yang wajib dijadikan bahan hiasan kelas.

Hiasan dinding tertempel serta tersusun rapi di dinding belakang Kelas II. (Donny)

Sri Tunggulsari menambahkan, “Kesepakatan tersebut muncul atas dasar rasa saling memiliki keindahan kelas masing-masing. Sebagai contoh, ketika ada peserta didik yang membuang sampah tidak pada tempatnya, maka rekan sebayanya cekatan mengingatkan bahwa kebersihan kelas harus terjaga agar nuansa belajar tetap nyaman. Memang sikap seperti inilah yang hendak kai bentuk dengan kegiatan Lomba Menghias Kelas ini.”

Salah satu hiasan di pintu masuk Kelas II. (Donny)

Kepala SDN Jombatan II Kesamben, Sukar, S.Pd. pun cukup mengapresiasi hasil karya guru, wali dan peserta didik yang ditujukan memperindah suasana ruang kelas ini. Menurutnya, keindahan, kebersihan ruang kelas juga menjadi cerminan lelaku peserta didik baik hari ini maupun kedepannya.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama