Ilustrasi Peserta Didik sedang Belajar. (ist)


NASIONAL - Penilaian Tengah Semester (PTS), Ulangan Tengah Semester (UTS) dan ujian perlu persiapan agar grafik nilai rapor aman. Agar tidak stres dan burn out, ada beberapa tips yang bisa kamu coba selama belajar dan mengulang materi pelajaran. Dilansir dari laman QS Quacquarelli Symonds Top Universities, berikut tips belajar PTS dan ujian.

Luangkan Cukup Waktu Buat Belajar
Menunda-nunda belajar hingga menit terakhir kadang jadi pilihan. Terlebih, ada saja teman yang terlihat sukses menghadapi ujian dan PTS dengan menerapkan Sistem Kebut Semalam atau SKS. Tetapi, cara kebut ini rupanya bukan cara terbaik untuk menghadapi ujian.

Untuk membantu belajar manajemen waktu, kamu bisa membuat dan menerapkan jadwal belajar. Tuliskan apa saja dan kapan ujian yang akan berlangsung. Dari jadwal ujian tersebut, atur jadwal belajar yang cukup untuk tiap materi ujian. Sesuaikan porsi waktu belajar untuk materi-materi yang butuh waktu lebih banyak untuk dipahami. Jangan lupa sisakan waktu istirahat agar tetap sehat dan nyaman menjelang waktu ujian.

Atur Ruang Belajar
Cek singkat ruang belajar kamu: apakah cukup cahaya? Apakah kursi dan tinggi kursi sudah nyaman? Apakah game sudah diasingkan dulu dari layar komputer dan gawai? Pastikan juga kamu punya cukup ruang untuk membuka buku teks pelajaran dan catatan.

Atur kamar agar kamu jauh dari semua gangguan belajar, bisa fokus, dan senyaman mungkin. Jika kamu senang mendengarkan musik sambil belajar, siapkan playlist instrumental atau lagu yang membantu kamu fokus dan menjaga mood. Sesuaikan suasana ruang belajar dengan kenyamanan kamu, bisa sangat rapi, atau sedikit berantakan.

Gambar Diagram dan Alur
Jika kamu cenderung memiliki kecerdasan visual, alat bantu visual akan sangat membantu saat mengulang pelajaran. Jika kamu punya cukup waktu, buat catatan singkat untuk menguji apakah sudah hafal materi yang telah kamu pahami. Jika ada yang terlewat, tambahkan diagram dan alur untuk memudahkan kamu mengingat apa saja yang perlu selama ujian.

Latihan Soal-Soal Ujian Lama
Kamu bisa berlatih soal-soal ujian lama yang keluar tahun lalu dan soal-soal latihan di buku lain. Latihan soal membiasakan kamu untuk terbiasa dengan format pertanyaan, sehingga kamu bisa belajar mengatur kecepatan penyelesaian sebuah soal dengan jawaban yang tepat.

Ajari Teman Soal yang Tidak Ia Pahami
Jika teman kamu bertanya tentang soal yang tidak mereka mengerti, ajarkan dengan sejelas mungkin. Mengajari seseorang adalah cara memahami dan menghafal yang baik. Sebab, mendengar diri kita sendiri berbicara maupun menulis ulang materi di chat itu juga membantu materi lebih gampang diingat.

Alternatifnya, jelaskan sebuah materi pada orang tua atau adik. Dengan begitu, mereka juga bisa mengingatkan bagian materi mana yang masih butuh latihan.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama