Ilustrasi liburan bersama keluarga. (ist)


NASIONAL - Memasuki Natal dan tahun baru berarti masa liburan panjang telah tiba. Artinya, ini menjadi momen yang tepat untuk pergi berlibur bersama keluarga. Namun, liburan bukan cuma menyoal destinasi wisata, tapi juga berbagai akomodasi pendukung seperti tiket pesawat hingga hotel.

Biasanya, masa jelang libur panjang ini dijadikan banyak orang untuk berburu tiket transportasi dan hotel. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar libur panjang Anda tak malah bikin stres. Berikut di antaranya.

Pantau diskon tiket
Tidak ada aturan pasti kapan sebaiknya Anda membeli tiket pesawat yang murah. Melansir Travel Channel, yang harus Anda lakukan hanya memantaunya, kapan tiket pesawat benar-benar turun harga.

Terutama, di waktu libur panjang saat banyak orang ingin bepergian ke berbagai destinasi wisata. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang ingin berburu kamar-kamar hotel yang nyaman untuk berlibur.

Jaga keselamatan
Bencana alam dan penyakit tak bisa diprediksi. Tapi, Anda dapat melakukan pencegahan jika skenario buruk terjadi. Beli asuransi perjalanan yang mencakup semuanya, mulai dari pembatalan perjalanan hingga evakuasi darurat.

Selain itu, karena pandemi Covid-19 masih berlangsung, Anda juga disarankan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan saat bepergian. Jangan lupa kenakan masker, hindari destinasi wisata yang berisiko memicu kerumunan, dan rajin mencuci tangan.

Tetap sabar
Kesabaran dan fleksibilitas adalah aturan pertama dalam bepergian. Ingat, perjalanan liburan hampir tidak pernah berjalan mulus.

Jangan bawa tas berlebihan
Kemasi barang bawaan yang benar-benar penting saja. Bukan hanya mudah, ini juga lebih murah dibanding membawa banyak barang saat terbang.

Sumber/Rewrite: cnnindonesia.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama