Ilustrasi seseorang sedang berbelanja. (ist)


NASIONAL -
Bagi seorang ibu rumah tangga menghemat uang belanja adalah hal penting dan utama. Karena tidak jarang ibu rumah tangga diberikan uang bulanan sekaligus. Sehingga harus lebih pintar dalam mengatur keuangan rumah tangga atau uang belanja agar tidak sampai boros.

Menghemat uang saat belanja memang bukanlah hal yang mudah. Pasti banyak godaan sehingga membuat Anda terkecoh untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Padahal membeli barang yang tidak dibutuhkan menjadi salah satu penyebab pengeluaran menjadi membengkak.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka Anda perlu mengetahui cara menghemat uang belanja. Mari simak beberapa tips untuk menghemat uang belanja dikutip dari Investopedia.

Tawar Menawar Harga

Ketika Anda belanja kebutuhan, jangan lewatkan untuk melakukan tawar menawar harga. Tentunya negosiasi harga biasanya hanya bisa dilakukan di pasar tradisional saja. Meski begitu, terkadang tawar menawar harga agak sulit dilakukan bagi beberapa orang. Namun jika berhasil negosiasi harga, Anda pasti akan mendapatkan barang dengan harga miring.

Buat Daftar Belanja

Sebelum pergi belanja, ada baiknya Anda membuat daftar belanjaan yang ingin dibeli. Tujuannya untuk mencegah belanja barang-barang yang tidak diperlukan. Dengan membuat daftar belanjaan, maka bisa membantu seseorang untuk untuk memutuskan apakah barang tersebut merupakan kebutuhan atau hanya keinginan. Jadi uang belanja bisa lebih hemat dan pengeluaran tidak membengkak.



Gunakan Kupon Belanja

Jika Anda memiliki kupon belanja, mungkin itu bisa digunakan untuk berbelanja kebutuhan. Tak jarang kupon belanja bisa menghemat pengeluaran. Akan tetapi, kupon belanja saat ini seringkali ditemukan pada situs belanja online.Apabila memungkinkan, tak ada salahnya untuk belanja kebutuhan melalui situs belanja online.

Selain kupon bisa dipakai, Anda juga tak perlu repot keluar rumah untuk belanja kebutuhan. Jangan lupa juga untuk melihat diskon yang tersedia. Diskon dan kupon yang digunakan bersamaan bisa membantu Anda untuk menghemat uang belanja.

Beli dalam Jumlah Besar

Membeli dalam jumlah besar seringkali lebih murah dibanding belanja eceran. Tentunya belanja dalam jumlah besar juga dapat membantu mengurangi perjalanan belanja. Apabila Anda ingin belanja dalam jumlah besar, disarankan untuk belanja setiap bulan saja. Selain bisa menghemat pengeluaran, tentu belanja setiap satu bulan sekali bisa menghemat waktu.

Jangan Tergiur Promo

Pernahkah Anda menemukan tulisan 'Beli 1 gratis 1' atau 'Cashback 50%' saat belanja di supermarket? Sebisa mungkin, Anda harus menahan diri untuk tidak tergiur dengan promo tersebut. Sebab terkadang barang yang promo bukanlah barang yang dibutuhkan. Jadi, tetaplah belanja sesuai apa yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Sehingga pengeluaran tidak semakin membengkak dan belanja tetap hemat.

Cari Harga yang Lebih Murah

Ketika belanja kebutuhan, pasti Anda akan menghadapi beberapa pilihan produk yang gunanya sama tapi berbeda merk. Bahkan terkadang ada juga barang yang mirip tapi tak sama. Agar belanja kebutuhan bisa hemat, mungkin Anda bisa mencari produk yang Anda butuhkan tapi dengan harga yang lebih murah.

Misalnya Anda membutuhkan sabun cuci piring, maka carilah harga sabun cuci piring dengan harga yang lebih murah dibanding merk yang biasa dipakai orang-orang. Selain harga lebih murah, lagi pula kegunaannya pun sama.

Belanja Sesuai Kebutuhan

Cara menghemat uang belanja lainnya adalah dengan mengutamakan membeli kebutuhan dibanding membeli keinginan. Untuk itu, Anda harus bisa membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang hanya keinginan sesaat. Salah satu caranya dengan membuat daftar belanjaan. Jadi ketika Anda mulai mulai tergoda untuk membeli barang yang tidak terlalu Anda butuhkan, coba berhenti dan jangan langsung membelinya.

Tentukan Anggaran Belanja

Cara terakhir untuk menghemat uang belanja adalah menentukan anggaran belanja. Ketika Anda belanja usahakan harus sesuai budget yang telah ditentukan agar pengeluaran tidak membengkak. Anda juga perlu mengetahui alokasi uang yang akan digunakan untuk belanja bahan pokok, jajan atau berlibur.

Dengan menentukan anggaran, maka Anda bisa fokus untuk mengetahui batas uang yang dibelanjakan. Sehingga, Anda tidak akan tergiur untuk membeli barang lain yang tidak diinginkan.

Sumber/Rewrite: tempo.co/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama