Ilustrasi gambar investasi. (ist)


NASIONAL - Pakar perencanaan keuangan, Rista Zwestika bagikan tips dalam mempersiapkan dana pendidikan anak bagi para orang tua. Rista Zwestika menjelaskan, setidaknya ada empat tips dalam mempersiapkan dana pendidikan anak, adapun tipsnya sebagai berikut.

Ada Kesepakatan dengan Pasangan

Rista Zwestika menuturkan, dalam mempersiapkan dana pendidikan anak perlu ada diskusi dan kesepakatan bersama pasangan terkait beberapa hal, terutama dalam pemberian pendidikan. Ada kesepakatan dengan suami, terkait pemberian ilmu kepada anak ingin seperti apa jangka pendek atau panjang. Karena ada kemungkinan keinginan istri dan suami berbeda dalam pemberian ilmu pada anak.

Pilih instrumen investasi yang likuid, sehingga dapat dicairkan sewaktu diperlukan. Deposito bisa menjadi pilihan untuk memulai tabungan pendidikan anak ataupun dana darurat.

Survei Harga Sekolah


Sebelum mempersiapkan dana pendidikan anak, Rista Zwestika menjelaskan pentingnya orangtua untuk melakukan survei harga sekolah. Hal ini penting dilakukan karena setiap sekolah memiliki perbedaan biaya. Nanti, orang tua bisa menghitung apakah kondisi keuangan mampu atau tidak untuk masuk ke sekolah tertentu. Jika tidak mampu, maka apa langkah yang diambil. Kalau memang dipaksakan ke sekolah tersebut, harus melihat pendapatan dan memanfaatkan peluang investasi untuk menambah pemasukan.

Baca Juga: Bisakah Manusia Kehabisan Ide? Ini Kata Para Ilmuwan

Mitigasi Risiko

Hal yang tak kalah penting dalam mempersiapkan dana pendidikan anak adalah mitigasi risiko. Menurut Rista Zwestika, orangtua harus mempersiapkan rencana dalam menanggulangi risiko yang bisa muncul dalam mempersiapkan dana pendidikan anak. Jika ada hal darurat, apakah kita akan menggunakan dana pendidikan anak? Hal seperti itu yang perlu diperhatikan. Biaya pendidikan yang terus naik juga perlu diperhatikan oleh orang tua.



Investasi

Saat ini, banyak platform investasi bermunculan yang bisa diakses dengan mudah hanya melalui telepon pintar. Menurut Rista, hal ini bisa dimanfaatkan orangtua untuk mengembangkan aset demi mempersiapkan dana pendidikan anak.

Rista Zwestika menambahkan walaupun banyak pilihan platform investasi, sayangnya literasi keuangan kita masih rendah, sehingga sulit dalam memilih set investasi yang cocok untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Namun, ada beberapa aset investasi yang mudah dan bisa digunakan dalam mempersiapkan dana pendidikan anak, yaitu Deposito.

Dia menjelaskan strateginya, pilih instrumen investasi yang likuid, sehingga dapat dicairkan sewaktu diperlukan. Deposito bisa menjadi pilihan untuk memulai tabungan pendidikan anak ataupun dana darurat. Alasan deposito dapat dijadikan aset investasi dalam persiapkan dana pendidikan adalah kegunaannya yang mudah. Selain itu, Deposito memiliki rentang waktu mulai dari jangka pendek, menengah, hingga panjang.

Sumber/Rewrite: liputan6.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama