Ilustrasi seseorang sedang mengoperasikan laptop. (ist)


NASIONAL - Mengenali passion diri untuk akhirnya bisa bekerja di bidang yang disukai bisa dilakukan melalui tiga langkah sederhana, menurut Psikolog, Sandi Kartasasmita. Dia merupakan Chief Research and Development di platform management talent yang menyediakan alat tes psikologi melalui inovasi teknologi dan riset psikologi.

Jujur Kepada Diri Sendiri

Coba benar-benar tanyakan kepada diri sendiri tentang passion yang dimiliki. Sandi Kartasasmita mengatakan saat ingin memahami passion kita, jujur sama diri sendiri. Kita lihat mana yang benar-benar kita suka, bukan karena melihat apa yang teman kita suka.

Dia menjelaskan, jika kita memilih bidang pekerjaan berdasarkan preferensi orang lain maka hal itu sebenarnya adalah perilaku konformitas terhadap lingkungan.



Buka Wawasan dan Jejaring Seluas-Luasnya

Sandi Kartasasmita menjelaskan buka wawasan dan banyak network yang face to face. Karena kalau kenalan di media sosial itu terkadang enggak selalu yang sesungguhnya.

Lakukan Tes Psikologi Untuk Mengenali Diri Sendiri

Dalam kesempatan yang sama, Kristin Tan, Chief Marketing Officer of Ekrutes.id mengatakan psikotes adalah langkah awal yang penting bagi perusahaan untuk lebih mengenal kandidat. Banyak turnover yang terjadi di perusahaan saat ini karena ada ketidakcocokan antara atasan dengan bawahan, atau dengan sesama rekan kerja, hal ini biasanya berkaitan dengan kepribadian seseorang.

Ada berbagai macam asesmen yang bisa digunakan oleh perusahaan, ada tes intelegensi atau tes IQ, tes kepribadian, tes gaya kerja, tes kepercayaan diri, tes kepuasan hidup, tes gaya belajar, dan tes minat bakat.

Sumber/Rewrite: antaranews.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama