Kegiatan senam di halaman satuan pendidikan yang rutin dilakukan. (Rabitha)


PLANDAAN – Setiap anak didik tentunya tak hanya membutuhkan pembelajaran secara materi atau hanya belajar di dalam ruang kelas saja. Namun juga diperlukan pembelajaran praktik di luar kelas atau yang kerap disebut Outing Class. Seperti halnya TK Tunas Harapan Plandaan yang telah merasakan manfaat dari mengajak anak didik untuk rutin mengadakan Outing Class.

Kegiatan Outing Class dapat juga melatih kemampuan interaksi anak usia dini dengan orang lain di luar satuan pendidikan dan rumah. 

Kepala TK Tunas Harapan Kecamatan Plandaan, Titik Lestari, S.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan Outing Class telah dilakukan sejak awal berdirinya satuan pendidikan tepatnya pada tahun 1986. Namun, dahulu kegiatannya masih terbilang sederhana semisal berjalan-jalan ke sawah ataupun mengunjungi tempat umum di lingkungan satuan pendidikan.

Baca Juga: Menjaga Kerapian Rak Buku, Begini Caranya

Perempuan yang telah 37 tahun berkecimpung di jenjang PAUD tersebut mengatakan, “Lambat laun kegiatan Outing Class telah menjadi suatu identitas bagi satuan pendidikan. Oleh karenanya dibuat program jangka pendek dan panjang perihal kegiatan yang berhubungan dengan bermain di luar satuan pendidikan ini. Program jangka pendek yaitu setiap hari Sabtu anak didik diajak untuk jalan sehat di lingkungan satuan pendidikan.”



Ditambahkan Guru Kelas A, TK Tunas Harapan Plandaan, Sri Wulandari, S.Pd bahwa kemudian ada program jangka menengah yang biasanya dilakukan setiap semester menyesuaikan tema pembelajaran. Contohnya pada tema pembelajaran Air, Api dan Udara. Anak didik diajak untuk berkunjung ke kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Jombang. Terakhir yaitu program tahunan yaitu rekreasi bersama wali anak didik, perihal tujuannya sesuai dengan kesepakatan paguyuban dengan kegiatan yang lebih mengarah pada wisata dan Outbound.


Kepala satuan pendidikan bersama guru. (Rabitha)

“Mengadakan program Outing Class tak lepas dari peran besar wali anak didik. Bersyukurnya wali anak didik juga sangat antusias untuk berkoordinasi menyukseskan setiap acara, mulai dari memikirkan jadwal, anggaran sampai akomodasi. Dengan begitu para guru dapat lebih fokus untuk memikirkan proses pembelajaran yang dapat disampaikan sembari anak didik bermain,” terang perempuan berhijab itu.

Kegiatan Outbound yang sangat digemari anak didik. (ist)

Guru Kelas B, TK Tunas Harapan Kecamatan Plandaan, Sulistyowati, S.Pd menyampaikan bahwa setiap kegiatan Outing Class, para guru juga telah memetakan mana saja celah untuk memberikan tambahan pengetahuan bagi anak didik, seperti saat bermain ke sawah anak didik bisa dikenalkan dengan bermacam tumbuhan dan mengenal profesi petani. Dengan begitu, anak didik dapat melihat secara langsung, mendengar, bahkan menyentuh objek pembelajaran.

Belajar bersama tim pemadam kebakaran Kabupaten Jombang. (ist)

Hal ini sangat baik dalam mengembangkan kemampuan indra pada anak didik, imbuh Sulistyowati. Selain itu, kegiatan Outing Class dapat juga melatih kemampuan interaksi anak usia dini dengan orang lain di luar satuan pendidikan dan rumah. Sehingga bermanfaat untuk menumbuhkan semangat dan antusias untuk belajar kembali dan meningkatkan kemampuan sosialisasi pada anak didik.

Reporter/Foto: Rabitha Raha

Prestasi TK Tunas Harapan Kecamatan Plandaan:


a. Juara I Tangram Kecamatan Plandaan

b. Juara III Guk Yuk Cilik Kecamatan Plandaan

Program Unggulan TK Tunas Harapan Kecamatan Plandaan:

a. Outing Class

b. Drumband

c. Al-Banjari

d. Kesenian Tari

e. Pembiasaan Keagamaan

Lebih baru Lebih lama